Hagia Sophia

06 June 2024

Telat Kickoff, Dortmund Didenda 20 Ribu Euro

Foto: Getty Images/Luciano Lima

Bundesliga 2023/2024 memang sudah selesai. Tapi, Borussia Dortmund harus menanggung hukuman denda gara-gara keteledorannya. Lo, kenapa?

Kejadian itu berlangsung saat Dortmund melawat ke markas RB Leipzig di Leipzig Arena 27 April. Sebelum kickoff, seperti biasa kedua tim berkumpul dan membentuk lingkaran.

Nah, masalahnya adalah team huddle Dortmund terlalu lama sehingga kapten tim Gregor Kobel telat sekitar semenit untuk melakukan koin tos. Alhasil kickoff laga pun tertunda.

Pertandingan memang tetap berjalan setelahnya dan berakhir 4-1 untuk kemenangan Leipzig. Dortmund sempat unggul duluan lewat Jadon Sancho pada menit ke-20.

Keteledoran kapten Dortmund itu rupanya dicatat oleh wasit yang bertugas dan dilaporkan sebagai komplain kepada Federasi Sepakbola Jerman (DFB). Alhasil, Dortmund harus membayar denda 20 ribu euro atau sekitar Rp 340 juta karena menyebabkan laga telat semenit.

Dortmund mengakui bahwa keterlambatan kickoff itu memang karena team-huddle sebelum laga dan pihak klub lupa memberitahukan kepada Federasi Liga Jerman (DFL) terkait rencana tersebut.

Dortmund finis kelima di klasemen Bundesliga tapi berhasil lolos ke Liga Champions musim depan karena kompetisi itu dapat jatah lima tim tampil di sana.


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Duh! Dortmund Didenda Gara-gara Telat Kickoff"