Hagia Sophia

03 July 2024

Benarkah Minum Obat Rutin Bisa Merusak Ginjal, Ini Jawaban Pakar

Foto: Getty Images/iStockphoto/peakSTOCK

Pengidap penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi harus mengonsumsi obat-obatan jangka panjang untuk mengontrol penyakitnya. Hanya saja banyak yang enggan minum obat karena takut ginjalnya rusak.

Spesialis penyakit dalam konsultan nefrologi dr dr RA Adaninggar Primadia Nariswari, SpPD-KGH menjelaskan pada pasien penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi, tidak mengonsumsi obat secara rutin justru malah merusak ginjal. Minum obat diabetes atau hipertensi tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya komplikasi penyakit, termasuk gagal ginjal.

"Obat-obat jangka panjang ini sudah jelas aman bagi ginjal. Tapi yang harus jadi catatan, ini tetap obat yang bisa berefek ke ginjal," ujar dokter yang akrab disapa dr Ningz ini dalam siniar Kemenkes ditulis Selasa (2/7/2024).

"Misal kalau diabetes, hipertensi, pasien jg harus mengubah gaya hidup jadi nggak mengandalkan obat aja. Tujuannya supaya penggunaan obat bisa diminimalisir," sambungnya.

Dosis dan konsumsi obat yang tidak tepat lah yang bisa berisiko merusak ginjal. Pada pasien yang minum obat rutin, dokter akan memberikan dosis yang tepat untuk setiap kebutuhan dan sudah ditimbang manfaat dan risiko dari obat tersebut.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Minum Obat Rutin Bertahun-tahun Bikin Ginjal Rusak? Dokter Beberkan Faktanya"