Hagia Sophia

03 July 2024

Mbappe Masih Tak Nyaman Bermain Pakai Topeng

Foto: Andrzej Iwanczuk/NurPhoto via Getty Images

Kylian Mbappe masih merasa tak nyaman bermain dengan mengenakkan topeng. Topeng tersebut mengganggu penglihatannya hingga berpengaruh ke performa Mbappe.

Kylian Mbappe mampu mengantarkan Prancis melaju ke perempatfinal Piala Eropa 2024. Les Bleus ke 8 besar usai menang 1-0 atas Belgia pada laga 16 besar di Dusseldorf Arena, Senin (1/7). Gol tunggal kemenangan Prancis lahir pada menit ke-85 saat tembakan Randal Kolo Muani berbelok masuk ke gawang usai membentur Jan Vertonghen.

Pada laga ini, Mbappe yang tampil sebagai starter kembali bermain dengan mengenakan topeng. Penyerang baru Real Madrid ini sebelum juga mengenakan topeng saat melawan Polandia di babak fase grup. Mbappe harus mengenakan topeng usai mengalami patah tulang hidung ketika melawan Austria di laga perdana.

Pemain 25 tahun ini sebelumnya sempat mengutarakan tak nyaman harus bermain dengan mengenakan topeng. Bermain dengan topeng tampaknya sedikit mempengaruhi penampilan Mbappe di laga melawan Belgia.

Mbappe memang masih tampak eksplosif meski dengan topeng yang dikenakannya. Dikutip dari SofaScore, ia bisa mencatatkan lima dribel sukses dari sembilan percobaan.

Namun, topeng yang dikenakannya menganggu penglihatan Mbappe. Hal ini berpengaruh saat Mbappe melakukan penyelesain akhir. Terbukti dari total lima tembakan yang dilepasnya ke gawang Belgia tak ada satu pun yang mengarah ke gawang.

Hal itu diungkap oleh pelatih Prancis, Didier Deschamps. Deschamps mengungkap Mbappe harus segera membiasakan diri bermain dengan topeng. Pasalnya, ia masih akan terus mengenakan topeng sampai cederanya benar-benar pulih.

"Dia mulai terbiasa. Berkeringat masih bisa mengganggunya juga bisa mengenai mata itu menyulitkan penglihatannya. Meski hanya sepersepuluh detik, tapi ini krusial," ujar Mbappe dikutip dari BBC.

"Dia harus membiasakan diri karena dia mungkin akan memakainya selama beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan," ungkapnya.



























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Topeng yang Ganggu Performa Mbappe"