Hagia Sophia

03 July 2024

Fakta Menarik yang Perlu Diketahui Tentang Pasukan Terakota China

Komplek makam Kaisar China dengan pasukan terakota (Foto: Elvan/detikTravel)

Pasukan Terakota merupakan penemuan arkeologi yang menakjubkan. Tentunya, dalam penemuan tersebut terdapat fakta-fakta menarik di baliknya.

Dilansir detikINET dari National Museums Liverpool, pada tahun 1987, UNESCO memberikan status kepada Pasukan Terakota sebagai situs warisan dunia. Hal itu membuat pasukan terakota menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik. Berikut ini adalah 10 fakta menarik yang perlu kamu ketahui tentang pasukan terakota:

1. Ditemukan Secara Tidak Sengaja
Pasukan Terakota ditemukan pada tanggal 29 Maret 1974 ketika petani Yang Zhifa menemukan pecahan gerabah saat menggali sumur. Gerabah ini mengarah pada penemuan prajurit pertama dari Pasukan Terakota yang terkenal.

2. Tidak Ada Catatan Sejarah Tentang Pasukan Terakota
Penemuan Pasukan Terakota sangat mengejutkan semua orang karena tidak ada catatan sejarah tentang pasukan bawah tanah tersebut. Mereka telah terkubur di bawah tanah selama lebih dari 2.200 tahun.

Dengan informasi tersebut tentu membuat Pasukan Terakota semakin misterius dan sekarang sudah menjadi situs makam terbesar dan terpenting di China.

3. Skala Penemuannya Sangat Besar
Sejak penemuan Pasukan Terakota, lebih dari 2.000 prajurit dan kuda telah digali dari tiga lubang pemakaman yang berbeda dengan perkiraan 6.000 lainnya masih terkubur di bawah tanah. Mungkin skala penemuan yang sangat besar inilah yang menambah misteri dan memikat dunia, membuat orang-orang mulai menggambarkan situs para prajurit Terakota sebagai keajaiban dunia ke-8.

4. Hebatnya, Tidak Ada Dua Sosok Yang Persis Sama
Hebatnya, meskipun jumlah pasukannya sangat banyak, setiap prajurit memiliki fitur wajah dan gaya yang unik. Pasukan dari berbagai pangkat dikuburkan dalam formasi pertempuran untuk mewakili tentara yang sebenarnya.

Pasukan Terakota pun dibagi menjadi prajurit infanteri, pemanah, jenderal, kavaleri, kusir kereta, perwira, dan penjaga kehormatan. Semuanya memiliki gaya rambut, ekspresi, dan pakaian yang berbeda.

5. Bagian Dari Usaha Kaisar Pertama untuk Keabadian
Qin Shi Huang yang merupakan Kaisar Pertama China menginginkan untuk dapat hidup selamanya. Dia menghabiskan banyak sekali sumber daya untuk membangun kerajaan alam kubur yang megah dan dilengkapi dengan semua yang dia perlukan untuk kehidupan selanjutnya.

Dia memiliki istana, tentara untuk melindunginya, kereta untuk bepergian, kandang kuda yang penuh dengan kuda, penghibur, dan bahkan selir-selirnya. Meliputi area seluas 56 kilometer persegi, ini adalah situs pemakaman terbesar di dunia. Di 1987, situs ini diberi status Warisan Dunia oleh UNESCO dan merupakan daya tarik wisata utama di Xi'an.

6. Bukan Hanya Tentara
Penemuan terbaru mencakup pasukan akrobat dan prajurit kuat dari terakota, serta 15 musisi dan 13 burung air perunggu untuk menghibur kaisar di alam baka. Selain itu, ditemukan lubang berisi baju besi batu dan kerangka kuda, yang dapat dilihat dalam pameran.

7. Pencapaian Awal Dari Produksi Massal
Para pekerja pemerintah dan pengrajin lokal membuat patung para prajurit di bengkel-bengkel. Tentara-tentara ini memiliki stempel atau nama-nama pembuatnya, termasuk administrator, pengrajin, dan mandor.

Setiap tentara dibangun dari bawah ke atas menggunakan bagian tubuh yang berbeda yang terbuat dari gulungan tanah liat tebal dan kepala dibuat secara terpisah. Detail pahatan seperti rambut, fitur wajah, dan kostum ditambahkan dengan tangan sebelum patung dikeringkan dan akhirnya dibakar dalam tungku besar.

8. Para Tentara Memiliki Warna
Awalnya, para prajurit tidak memiliki warna terakota seperti yang kita lihat saat ini, tetapi dicat dengan warna-warna cerah. Setelah diproses, setiap prajurit terakota ditutupi dengan pernis sebelum berbagai pigmen cerah diaplikasikan dengan warna-warna yang menunjukkan pangkat yang berbeda.

9. Para Tentara Membawa Senjata Asli
Setelah para prajurit dicat, mereka kemudian ditempatkan dalam formasi militer di dalam lubang dan dilengkapi dengan senjata perunggu asli. Lebih dari 40.000 senjata telah ditemukan di lubang-lubang prajurit yang telah digali sebagian, termasuk pedang, tombak, tombak, dan panah.

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa senjata-senjata tersebut tidak pernah digunakan dalam pertempuran, melainkan dibuat khusus untuk dimakamkan bersama pasukan terakota.

10. Makam Kaisar Pertama Belum Pernah Dibuka
Makam Kaisar Qin Shi Huang yang sebenarnya masih menjadi misteri bagi para arkeolog dan sejarawan karena masih tertutup rapat. Telah dilakukan survei geofisika pada gundukan makam, namun makam itu sendiri belum pernah digali.

Makam ini pernah ditulis oleh sejarawan dinasti Han, Sima Qian, yang menggambarkan 'istana dan menara yang indah untuk seratus pejabat', serta banyak artefak dan harta karun yang langka. Selain itu, dua sungai utama Tiongkok, Yangtze dan Sungai Kuning, disimulasikan di dalam makam dengan menggunakan air raksa dan langit-langit makam dihiasi dengan rasi bintang. Dari sini, Qin Shi Huang dianggap dapat terus memerintah kekaisarannya bahkan di alam baka.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "10 Fakta Menarik Pasukan Terakota China yang Misterius"