Hagia Sophia

31 July 2024

Wanita Ini Miliki Lebih 100 Jenis Alergi, Hanya Bisa Konsumsi 13 Jenis Makanan

Wanita mengidap lebih dari 100 alergi. (Foto: IG @jennaxhealth)

Seorang wanita di Los Angeles, Amerika Serikat, bernama Jenna Gestetner (21) mengidap kondisi langka yang membuatnya memiliki lebih dari 100 jenis alergi. Kondisi itu disebut dengan Mast Cell Activation Syndrome (MCAS) yang membuatnya alergi hampir pada semua makanan.

Gejala yang ia alami meliputi nyeri hebat, mual, kelelahan, pusing, reaksi pada kulit, hingga kesulitan bernapas.

Awalnya, Jenna hanya bisa mengonsumsi sembilan jenis makanan saja. Namun, kini ia bisa mengonsumsi empat jenis buah tambahan dalam pola makannya.

Buah tersebut meliputi kurma, anggur, rasberi, dan pir. Keempat buah tersebut baru ditambahkan setelah ia menjalani pengobatan MCAS tersebut.

"Sungguh menakjubkan sekarang saya dapat mengonsumsi buah, hidup saya telah berubah begitu banyak hanya dengan empat makanan tambahan," cerita Jenna dikutip dari Mirror, Selasa (30/7/2024).

Sejak kecil, ia kesulitan menemukan makanan-makanan apa saja yang membuatnya alergi atau tidak. Setelah bertahun-tahun mencoba-coba, Jenna hanya bisa makan kalkun, ikan putih, timun, kacang hijau, courgette, jeruk nipis, biji chia, minyak zaitun, dan suplemen glukosa.

Jenna didiagnosis pertama kali mengidap MCAS pada tahun 2021. Meskipun, kini ia sudah menemukan makanan baru, Jenna mengatakan hidup dengan kondisinya ini merupakan sebuah perjuangan yang besar.

"Ada banyak sekali ketidakpastian dan itu membebani saya secara mental. Itu membuat saya sangat sulit untuk bepergian, saya butuh lebih banyak waktu untuk beristirahat," kata Jenna.

Kondisi ini juga mengganggu kehidupan sosial Jenna. Ketika ia pergi ke acara keluarga atau temannya, ia tidak bisa ikut makan makanan yang dimakan orang lain. Hal ini membuatnya merasa 'tersisih' dari kehidupan sosial karena tidak memiliki pengalaman yang sama.

Ia sering menyimpan stok makanan ringan di lemarinya meskipun tidak mengonsumsinya sama sekali. Makanan tersebut ia simpan apabila temannya datang berkunjung ke rumah.

Menu makanan yang dikonsumsi Jenna setiap hari meliputi sebagai berikut:
  • Sarapan: semangkuk kurma dan biji chia
  • Makan siang: Sepiring courgette panggang
  • Camilan: Rasberi
  • Makan malam: Ikan putih atau kalkun dengan kacang hijau
Jenna kerap membagikan perjalanan kesehatannya di media sosial. Ia berharap cerita yang disampaikan bisa meningkatkan kesadaran orang-orang terkait masalah MCAS.

"Saya ingin membuat orang lain merasa dihargai. MCAS jauh lebih umum daripada yang kita kira, tetapi jarang ditemukan orang lain yang mengalaminya karena sebagian besar tidak terlihat," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nasib Wanita di AS Punya Lebih dari 100 Alergi, Cuma Bisa Konsumsi 13 Jenis Makanan"