Hagia Sophia

31 July 2024

Waspadai Bila Kesemutan Akibat Saraf Kejepit, Ini Cirinya

Ilustrasi kesemutan. (Foto: Shutterstock)

Saraf terjepit merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu gejala yang dapat muncul ketika mengalami saraf kejepit adalah kesemutan.

Sebenarnya bagaimana sih ciri-ciri khas kesemutan yang muncul akibat saraf terjepit?

Spesialis ortopedi Siloam Hospitals dr S Dohar AL Tobing, SpOT (K) menjelaskan bahwa salah satu penyebab saraf terjepit yang paling umum adalah keluarnya bantalan tulang belakang yang akhirnya menekan kanal saraf. Saraf yang menjalar ke anggota tubuh itu memberikan impuls sehingga seseorang bisa bergerak.

Ketika saraf tertekan, tekanan itu akan memberikan rangsangan berupa rasa pegal, nyeri, dan kesemutan. Tekanan itu juga mengakibatkan aliran darah ke saraf menjadi berkurang.

"Bayangkan itu seperti 'kesetrum'. Ada yang bilang geringgingan, ada juga yang bilang kesemutan," kata dr Dohar ketika ditemui detikcom di Siloam Hospitals Mampang beberapa waktu lalu.

Ketika diberikan pijatan, mungkin pasien akan mengalami rasa nyaman pada area yang kesemutan. Namun, setelah pijatan usai, gejala-gejala tersebut biasanya akan muncul kembali.

Hal tersebut merupakan ciri khas kesemutan atau nyeri yang diakibatkan oleh saraf terjepit. Saraf memberikan fungsi motorik dan sensorik pada anggota tubuh.

Ketika saraf terjepit tidak segera ditangani, seiring berjalannya waktu kondisi ini dapat mulai mengganggu fungsi motorik dan sensorik.

"Dia bisa merasa itu ada sensasi yang berbeda antara kaki kiri dan kanan. Sisi (anggota tubuh) yang terkena bisa terasa lebih tebal atau baal, dibanding yang normal," sambungnya.

Ciri Nyeri Akibat Saraf Kejepit

dr Dohar lebih lanjut mengungkapkan bahwa rasa nyeri yang diakibatkan oleh saraf terjepit juga sangat khas. Ia menuturkan rasa nyeri yang timbul akibat saraf kejepit biasanya akan dirasakan di seluruh area anggota tubuh yang dilalui oleh saraf yang terjepit.

Kondisi ini membuat rasa nyeri akibat saraf kejepit sulit untuk dilokalisir dan ditunjuk oleh pasien secara spesifik.

"Kalau saraf kejepit, itu sakitnya biasanya malah bisa ke kaki semuanya dari atas sampai bawah. Tapi masalahnya kalau kita tekan itu malah nggak berasa apa-apa, nggak kayak nyeri otot," jelas dr Dohar.

Saraf kejepit dapat disembuhkan melalui pengobatan hingga operasi. Hal itu tergantung seberapa parah saraf kejepit yang dialami oleh pasien. Pemeriksaan melalui MRI diperlukan untuk melakukan diagnosis.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jangan Disepelekan, Kesemutan Seperti Ini Bisa Jadi Tanda Saraf Kejepit"