Hagia Sophia

28 September 2024

Benarkah Rutin Minum Kopi Bisa Cegah Kanker?

Foto: Ilustrasi iStock

Kopi rasanya telah menjadi minuman pokok masyarakat Indonesia. Mau pagi, siang, sore, bahkan malam, kopi seakan tak lepas untuk dikonsumsi.

Terlebih, minuman ini terkenal dengan khasiatnya untuk kesehatan, salah satunya melawan rasa kantuk sekaligus penambah energi. Tak hanya itu, ada juga yang menyebut rutin minum kopi setiap hari dapat mencegah penyakit kanker. Bagaimana faktanya?

Spesialis penyakit dalam konsultan hematologi-onkologi Dr dr Andhika Rachman SpPD-KHOM mengatakan minum kopi tidak secara langsung dapat mencegah penyakit kanker atau sebagai anti kanker.

"Dia sebagai antioksidannya. Dia bukan sebagai obat. Jadi kalau minum gituan lewat kankernya? Nggak," tegasnya.

Menurutnya kopi yang diminum tiga cangkir sehari hanya sebagai pendamping atau pelengkap lantaran ada kandungan antioksidan yang tinggi. Jadi tak serta-merta dianggap sebagai anti kanker atau bahkan obat utama.

"Nah pertanyaannya adalah pasien ada darah tinggi nggak? Jadi kalau minum itu harus ada note-nya gitu. Nggak ada darah tinggi, nggak ada gangguan lambung, nah kalau ada itu nggak bisa," imbuhnya lagi.



































Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Rutin Minum Kopi Bisa Cegah Kanker? Dokter Onkologi Bilang Gini"