Hagia Sophia

28 September 2024

Wanita Ini Tidak Merasa Dirinya Hamil, Namun Tiba-tiba Melahirkan

Foto: Tangkapan layar viral atas izin yang bersangkutan

Viral cerita wanita 21 tahun di Probolinggo, Jawa Timur, 'mendadak' melahirkan tanpa menyadari dirinya hamil selama sembilan bulan. Ibu muda bernama Ummi Habibah itu merasa tidak ada perubahan signifikan sepanjang kehamilan.

"Tiba-tiba ngelahirin tanpa tahu rasanya hamil. Aku sudah nikah dua tahun tetapi masih memilih untuk menunda punya anak karena masih kuliah, tapi qodarullah aku tetap dikasih titipan bayi mungil ini sama Allah," bebernya dalam akun TikTok pribadi, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan, Jumat (27/9/2024).

"Tanpa tahu rasanya lemas, Rasa Di-USG dan lain-lain yang terjadi selama masa kehamilan. Aku juga pake kontrasepsi pil dan ngerasa masih haid," cerita dia yang ternyata belakangan disebut dokter darah yang keluar kemungkinan besar adalah flek selama kehamilan.

Sebelum melahirkan, Habibah merasakan mulas luar biasa seperti ingin buang air besar (BAB). Namun, dirinya mengira keluhan tersebut terjadi pasca semalam mengonsumsi makanan pedas.

Lantaran keluhan tak kunjung membaik dan rasa sakit menjalar ke seluruh tubuh, Habibah diantar suami ke tenaga kesehatan terdekat, yang saat itu tersedia adalah bidan desa. Mengaku tak menyangka, Habibah terkejut saat bidan mendapati detak jantung bayi di perutnya.

"Pas ini syok nggak ketolong, ibu aku juga sampai nggak percaya apalagi suami. Tapi setelah dirujuk ke rumah sakit sama dokternya dibilang nggak apa-apa karena sudah banyak kejadian seperti ini," cerita dia.

"Sahabat aku juga di kampus syok pas aku kabarin kalau aku lahiran karena postur tubuh dan caraku beraktivitas juga biasa saja nggak kayak orang hamil pada umumnya," tuturnya.

Tak Rasakan Tendangan Bayi

Banyak yang bertanya apakah Habibah tidak pernah merasakan tendangan bayi di masa kehamilan besar, dirinya mengaku memang tidak merasakan gerakan apapun.

"Aku nggak ngerasa ada apa-apa di perut dan postur perut aku seperti biasa cuma memang agak gemukan dari biasanya, tapi nggak gemuk banget. Perut nggak buncit, cuma dulu pinggangku jadi rata lurus kalau lagi pakai celana kayak nggak muat," sebut dia.

Kepada detikcom, Habibah juga bercerita berat badan bayinya relatif normal di 3,5 kilogram tanpa mengalami kelahiran prematur.

Masih Merasa 'Mens'

Habibah merasa beberapa bulan masih keluar darah dan dalam beberapa kali kegiatan ia memakai pembalut karena mengira darah tersebut adalah darah menstruasi. Memang tidak selalu keluar setiap bulan. Namun, ia merasa hal ini adalah normal, mengingat periode menstruasi sebelumnya juga relatif tidak teratur.

"Aku tipe menstruasi nggak teratur dari sebelum nikah, nggak pernah memperhatikan tanggal menstruasi," kata dia.



































Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Curhat Wanita di Jatim Tiba-tiba Melahirkan Tanpa Sadar Hamil 9 Bulan"