Hagia Sophia

28 September 2024

Beras Termahal Dijual di Jepang dengan Harganya Rp 1,8 Juta per Kg, Apa Bedanya?

Ilustrasi beras. (Foto: Getty Images/surakit sawangchit)

Nasi merupakan makanan pokok yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia. Jika 1 kg beras di Indonesia dijual mulai dari belasan ribu rupiah, di Jepang ada beras yang mencetak rekor dunia sebagai beras paling mahal.

Kinmemai Premium menjadi beras termahal di dunia dijual dengan harga 120 dollar AS (Rp 1,8 juta) setiap kilogram. Beras yang diproduksi oleh Toyo Rice Corporation Jepang ini disebut menggunakan bulir padi dari lima varietas beras pemenang penghargaan.

Dikutip dari Oddity Central, bulir beras tersebut telah difermentasi selama enam bulan menggunakan teknologi pemolesan beras perusahaan tersebut. Proses pemolesan tersebut dilakukan untuk menghilangkan lapisan lilin dari bulir padi.

Beras Kinmemai diklaim memiliki kandungan gizi yang lebih baik dibandingkan dengan beras biasa. Beras ini disebut mengandung lipopolisakarida (LPS) enam kali lebih banyak.

LPS merupakan peningkat sistem kekebalan alami yang membantu menjaga kesehatan dan menurunkan risiko sakit. Beras ini juga disebut memiliki kandungan serat 1,8 kali serta vitamin B1 7 kali lebih banyak dibanding beras putih biasa.

Beras tersebut itu tidak perlu dicuci lagi sebelum dimasak, memiliki aroma yang unik, dan sedikit rasa manis.

Kinmemai pertama kali mencetak rekor sebagai beras termahal pada 2016. Saat itu, kinmemai dijual dengan harga 109 dollar AS (Rp 1,6 juta). Namun karena inflasi, harga beras kinmemai kini menjadi 120 dollar AS per kilogram.



































Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jepang Punya Beras Mahal Harganya Rp 1,8 Juta Sekilo, Memang Apa Bedanya?"