Hagia Sophia

30 September 2024

Berikut Ini Daftar Negara dengan Kualitas Hidup Terbaik di Dunia

Ilustrasi. (Foto: Thinkstock)

Kualitas hidup yang dimiliki setiap negara dapat mendeskripsikan kondisi umum berkaitan dengan beberapa hal seperti masalah kesehatan, kesejahteraan sosial-ekonomi, dan juga produk domestik bruto (PDB) secara keseluruhan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terdapat beberapa hal yang dapat memengaruhi kualitas hidup sebuah negara seperti persepsi lokal, nilai-nilai budaya, dan kepercayaan.

Dikutip dari CNBC, Denmark kini berada di ranking pertama sebagai negara terbaik dalam hal kualitas hidup. Berikut 10 peringkat teratas sebagai negara dengan kualitas hidup terbaik berdasarkan laporan dari US News and World Report pada 2024:
  1. Denmark
  2. Swedia
  3. Swiss
  4. Norwegia
  5. Kanada
  6. Finlandia
  7. Jerman
  8. Australia
  9. Belanda
  10. Selandia Baru
Lantas, Indonesia berada di peringkat berapa?

Menurut indeks pembangunan manusia (IPM), kualitas hidup Indonesia menempati ranking ke-116 di dunia dengan perolehan skor 0,694 dari kemungkinan 1. Artinya, Indonesia merupakan negara dengan pembangunan manusia di tingkat sedang. Beberapa negara lain yang memiliki kualitas hidup yang sama dengan Indonesia adalah:
  • Mesir
  • Vietnam
  • Afrika Selatan
  • Bolivia
Sementara itu, Kota Jakarta menempati ranking ke-142 dari 231 kota dengan peringkat kualitas hidup terbaik. Beberapa kota lain yang memiliki kualitas hidup yang sama dengan Jakarta:
  • Nanjing, Tiongkok
  • Hyderabad, India
  • Gaborone, Botswana
  • Belgrade, Serbia
Terdapat tiga bidang kualitas hidup di Indonesia dengan predikat baik, salah satunya kesehatan.

Layanan Kesehatan
Kualitas layanan kesehatan Indonesia meningkat. Hal ini dibuktikan dengan adanya skema kesehatan nasional atau dikenal sebagai JKN. JKN dirancang guna melayani seluruh penduduk Indonesia sehingga meningkatkan standar kesehatan Indonesia secara keseluruhan.

Pemerintah Indonesia juga mengeluarkan sebuah kebijakan untuk meningkatkan kesehatan umum masyarakat miskin, yaitu universal health coverage (UHC).

Ketahanan Pangan dan Kondisi Ekonomi
Industri manufaktur pangan dan pabrik pengolahan telah didirikan di seluruh Indonesia sebagai upaya meningkatkan pasokan pangan negara. Pada situasi ekonomi, keamanan kerja sudah meningkat, sementara kesenjangan partias penciptaan kekayaan telah menyusut.

Pertumbuhan Ekonomi
Pertumbuhan ekonomi di Indonesia mengalami pertumbuhan yang konsisten. Hal ini dapat menjadi sebuah peluang besar yang daapt dijadijkan momentum bagi pemerintah untuk menyusun berbagai recana yang lebih komprehensif untuk memperbaiki situasi ekonomi di Indonesia.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Daftar Negara dengan Kualitas Hidup Terbaik di Dunia, RI Ranking Berapa?"