Hagia Sophia

30 September 2024

Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersama dengan Kopi

Ilustrasi. (Foto: thinkstock)

Kopi adalah minuman yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Kopi dapat membantu meningkatkan energi, menghilangkan kantuk, hingga membantu mengelola gula darah.

Meskipun begitu, kopi ternyata tidak cocok dikonsumsi bersama makanan tertentu. Ini karena kopi dapat menghambat penyerapan nutrisi tertentu, sehingga berpotensi mengurangi khasiat makanan yang dikonsumsi.

Apa saja makanan yang tidak cocok dikonsumsi bersama kopi? Dikutip dari Health, berikut kombinasi yang sebaiknya dihindari.

1. Kopi dan buah sitrus
Mengonsumsi kopi bersama buah sitrus, seperti jeruk atau lemon, dapat memicu masalah pencernaan. Ini karena kopi memiliki sifat asam. Ketika dikonsumsi bersama buah sitrus, ini akan memengaruhi tingkat keasaman di lambung dan memicu gejala refluks.

Rasa asam dari buah sitrus juga dapat mengubah rasa kopi, membuatnya menjadi lebih pahit dan kurang nikmat.

2. Kopi dan daging merah
Studi menunjukkan konsumsi kopi dapat memengaruhi penyerapan nutrisi dalam tubuh, terutama zat besi. Daging merah merupakan salah satu makanan yang kaya akan zat besi. Karenanya, minum kopi setelah makan daging dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh dan mengurangi manfaat kesehatan dari daging itu sendiri.

Studi lain juga menunjukkan konsumsi tiga cangkir kopi atau lebih setiap hari dapat secara signifikan mengurangi kadar zat besi dalam tubuh. Bahkan, penyerapan zat besi bisa menurun hingga 39 persen jika minum kopi setelah makan.

3. Kopi dan gorengan
Di Indonesia, kopi dan gorengan adalah pasangan yang sering disantap bersamaan. Ternyata, kombinasi ini bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh loh.

Penelitian menunjukkan konsumsi tiga cangkir kopi atau lebih berpotensi meningkatkan kadar LDL (low-density lipoprotein) atau 'kolesterol jahat' dalam darah. Tak hanya itu, kopi juga dapat menurunkan HDL (high-density lipoprotein) yang membantu membersihkan kelebihan lemak dalam tubuh.

Karena gorengan dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular, mereka yang rutin minum kopi mungkin perlu membatasi konsumsi gorengan untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Kopi dan makanan tinggi garam
Penelitian menunjukkan asupan garam dapat secara langsung memengaruhi tekanan darah. Di sisi lain, konsumsi kafein yang berlebihan diketahui dapat berdampak buruk bagi pengidap hipertensi.

Karenanya, akan lebih baik jika mengurangi asupan kopi saat mengonsumsi makanan tinggi garam.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Bersama Kopi, Nomor 3 Paling Sering"