Hagia Sophia

03 October 2024

Kebiasaan Ini di Beberapa Negara Bisa Bikin Warganya Umur Panjang

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Wiphop Sathawirawong

Salah satu impian dari banyak orang di dunia adalah memiliki tubuh yang sehat dan panjang umur. Seiring bertambahnya usia, kondisi kesehatan juga mengalami perubahan.

Saat tubuh menua, itu berkaitan dengan munculnya kondisi kronis, tubuh yang renta, hingga tidak bisa lagi menikmati hidup. Namun, beberapa orang di berbagai negara mampu mencapai usia hingga 100 tahun dan tetap sehat.

Rupanya terdapat berbagai kebiasaan di setiap negara yang menjadi rahasia di balik masyarakatnya yang panjang umur. Dikutip dari Listverse, berikut rahasia tiap negara yang membuat warganya berumur panjang.

1. Hara hachi bu dari Jepang
Rahasia kuno dari Jepang satu ini mungkin sudah cukup familiar. Hara hachi bu dipercaya dapat membuat orang-orang Jepang terlihat langsing dan berumur panjang.

Hara hachi bu merupakan seni bersantap hanya 80 persen kenyang. Dengan mempraktikkan seni ini dapat menjauhi seseorang dari kelebihan makan. Meski begitu, orang yang makan dengan cara ini akan tetap merasa puas dengan pengendalian diri yang tepat.

2. Ayurveda dari India
India adalah salah satu negara yang terkenal dengan cara-cara tradisional untuk menjaga kesehatan. Salah satu yang banyak diketahui adalah sistem tradisional Ayurveda.

Kebiasaan tersebut merujuk pada cara untuk menyeimbangkan tubuh, pikiran, dan jiwa. Ayurveda tidak hanya soal yoga atau minum teh, tetapi juga praktik meracik ramuan herbal yang alami.

3. Siesta dari Spanyol
Ternyata tidur siang menjadi salah satu budaya yang sangat bermanfaat untuk keberlangsungan hidup. Di Spanyol, Siesta atau tidur siang singkat menjadi budaya yang terkenal.

Siesta bukan hanya istirahat dari kesibukan, tapi tradisi yang menunjukkan kecintaan orang Spanyol pada waktu senggang. Ritme kehidupan melambat saat masuk waktunya Siesta.

Mereka akan menepi dari kesibukan dan terik matahari, lalu istirahat sejenak bermodal bantal. Meski panas, orang-orang di Spanyol tetap memilih untuk mengisi energi.

4. Minum Teh dari China
Di China, teh menjadi minuman yang sangat terkenal dan tidak bisa dipisahkan. Teh dapat dikatakan tradisi, upacara, dan ramuan panjang umur. Di sana, minum teh seperti masuk ke dalam suasana 'surga'.

Dalam upacara minum teh ala China, minuman ini tidak dikonsumsi dalam kondisi buru-buru. Semua dilakukan secara bertahap dan berhati-hati, mulai dari membilas alat seduh, gelas, lalu menyeduh teh.

Prosesnya sendiri seperti sedang melakukan meditasi yang disebut dapat menenangkan pikiran. Selain itu, tehnya akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

5. Sauna dari Finlandia
Sauna biasanya dipilih untuk bersantai sembari mengeluarkan keringat. Namun, di Finlandia, sauna adalah cara hidup yang sudah lama dipraktikkan.

Selain di Finlandia, Rusia dan Jepang juga menjadikan sauna sebagai bagian dari hidup. Sesi sauna ini dapat melancarkan peredaran darah, membersihkan pori, dan membuat tubuh lebih segar.

6. Ikigai dari Jepang
Selain hara hachi bu, Jepang juga terkenal dengan ikigai. Itu merupakan filosofi yang memadukan gairah, misi, panggilan, dan profesi.

Ikigai terdiri dari 'iki' yang berarti kehidupan dan 'gai' yang artinya nilai. Dengan kata lain, ikigai merujuk pada alasan orang hidup mulai dari bangun pagi.

Di filosofi ini, orang diajak untuk memadukan gairah dengan apa yang dibutuhkan dunia. Misalnya seperti apa yang membuat seseorang punya penghasilan dan apa yang dikuasai.

7. Minyak zaitun dari Yunani dan Italia
Banyak negara yang menggunakan minyak zaitun pada makanan, seperti Yunani dan Italia. Biasanya, minyak ini digunakan pada makanan dan minuman termasuk salad dan roti.

Minyak zaitun terkenal memiliki lemak sehat atau lemak tak jenuh. Selain itu, bahan ini juga kaya akan antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas penyebab penuaan dini.

8. Pura vida dari Kosta Rika
Rahasia panjang umur orang-orang di Kosta Rika adalah pura vida atau hidup murni. Ini merupakan cara hidup yang menekankan pada kesederhanaan, kegembiraan, dan rasa syukur.

Orang-orang bisa mengucapkan pura vida untuk berkata 'terima kasih', 'sama-sama', 'itu hebat', atau 'life is good' yang mengekspresikan sikap hidup positif. Masyarakat Kosta Rika mampu menguasai seni hidup bebas stres, menukar kekacauan dengan sikap santai dan riang.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kebiasaan yang Bikin Panjang Umur di Beberapa Negara, Termasuk Rajin Tidur Siang"