Hagia Sophia

13 May 2024

Beberapa Manfaat Daun Alpukat untuk Kesehatan, Bisa Turunkan BB

Ilustrasi. (Foto: iStock)

Buah alpukat memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Mulai dari membantu mengatur kadar gula darah hingga melindungi jantung, alpukat telah dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Ternyata, tak hanya buahnya saja yang bermanfaat. Daun alpukat juga memiliki sejumlah khasiat untuk kesehatan. Khasiat daun alpukat berasal dari kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti vitamin, mineral, hingga beragam antioksidan.

Lalu, apa saja manfaat daun alpukat untuk kesehatan? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Mengatasi Gejala Asma
Daun alpukat mengandung senyawa fitokimia yang dapat memberi efek relaksasi dan menenangkan. Karena itu, mengonsumsi daun alpukat diyakini dapat membantu meredakan sakit kepala, nyeri otot, hingga asma.

Selain itu, daun alpukat juga mengandung pinene yang efektif membuka saluran udara, sehingga meningkatkan aliran udara ke paru-paru.

2. Menjaga Kadar Gula Darah
Daun alpukat mengandung antoksidan bernama polifenol, yang berperan penting dalam mengontrol kadar gula darah Sebab, polifenol dapat mencegah pemecahan pati atau zat tepung menjadi gula, sehingga kenaikan gula darah dapat terkendali dengan baik.

Selain itu, polifenol juga dapat membantu mengatasi peradangan yang memicu resistensi insulin.

3. Menurunkan Berat Badan
Sama seperti buahnya, daun alpukat juga dapat membantu menurunkan berat badan. Ini karena daun alpukat mengandung tanin yang dapat membantu menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme, sehingga menunjang program penurunan berat badan.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Daun alpukat juga berperan dalam melancarkan pencernaan. Kandungan flavonoid, saponin, dan tanin dalam daun ini bekerja secara sinergis untuk menjaga kesehatan organ pencernaan.

5. Menurunkan Tekanan Darah
Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 2015, peneliti menemukan daun alpukat memiliki efek antihipertensi, sehingga dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Khasiat ini tidak terlepas dari kandungan flavonoid, saponin, dan alkaloid yang ada pada daun tersebut.

6. Berpotensi Mencegah Kanker
Seperti yang disebutkan sebelumnya, daun alpukat mengandung berbagai antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu khasiat senyawa antioksidan tersebut adalah menangkal efek radikal bebas.

Radikal bebas adalah istilah untuk sel-sel rusak dalam tubuh yang dapat memicu beragam penyakit kronis, termasuk kanker. Karenanya, mengonsumsi daun alpukat berpotensi mencegah terjadinya jenis kanker tertentu.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Manfaat Daun Alpukat yang Jarang Diketahui, Termasuk Pangkas BB"