Hagia Sophia

13 May 2024

Indonesia Duduki Peringkat 13 Pengidap Kanker Kandung Kemih Dunia

Waspadai tanda-tanda kanker kandung kemih (Foto: Getty Images/vchal)

Menurut data dari Global Cancer Observatory tahun 2022, Indonesia menduduki peringkat ke-13 untuk angka pengidap kanker kandung kemih. Untuk angka kematian, Indonesia ada di peringkat ke-15.

Dokter Penyakit Dalam Konsultan Hematologi-Onkologi Medik, Dr dr Andhika Rachman, SpPD-KHOM, menyebutkan bahwa pengetahuan masyarakat Indonesia seputar kanker masih sangatlah minim. Terutama tentang kanker kandung kemih.

"Kanker kandung kemih ini jika dibandingkan dengan kanker payudara dan kanker lainnya memang kurang populer, frekuensinya lebih sedikit," ungkapnya saat ditemui di Jakarta Pusat, Sabtu (11/5/2024).

dr Andhika mengungkapkan, banyak pengidap kanker kandung kemih yang terlambat mendapatkan penanganan akibat tidak mengalami gejala dan tanda-tanda penyakit kanker kandung kemih.

"Pertama itu diawali dengan gejala-gejala yang painless (tidak menimbulkan rasa nyeri), seperti kencing yang berdarah," jelasnya.

Meski demikian, perlu juga dicatat bahwa tidak selamanya kencing berdarah itu mengindikasikan kanker kandung kemih. Banyak faktor yang mempengaruhi adanya kandungan darah dalam air kencing.

"Ketika kencing berdarah, langkah awal itu perlu dilihat dan jangan parno. Lihat dulu sebab-sebabnya dan pikiran kemungkinan yang bukan kanker. Pertama, mungkin infeksi saluran kencing, yang kedua kalau pada ibu-ibu dalam usia yang masih hamil dan menyusui, perlu dilihat apakah air kencing tersebut terkontaminasi oleh darah menstruasi atau tidak. Dan yang ketiga, ada batu nggak di saluran kencingnya atau terkena trauma nggak," tutur dr Andhika.

Untuk mengindari dampak buruk dari penanganan kanker kandung kemih yang terlambat, deteksi dini dengan mewaspadai gejala tetap penting dilakukan. Menurut dr Andhika menjelaskan, salah satu yang paling mudah diamati adalah penampakan urine.

"Pertama, urine-nya dilihat. Warnanya jernih atau tidak. Sekarang kan lagi musim panas ya, perbanyak minum air putih atau air kelapa deh. Dan dilihat juga, ada infeksi atau tidak begitu ya. Kencingnya berdarah atau tidak, " tutup dr Andhika.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "RI Peringkat Ke-13 Kanker Kandung Kemih, Dokter Wanti-wanti Gejala Ini"