Hagia Sophia

13 May 2024

Liga Italia: Juventus Ditahan Salernitana 1-1

Rabiot (kiri) berduel udara dengan Pierozzi. Foto: REUTERS/Massimo Pinca

Juventus ditahan Salernitana 1-1 di pekan ke-36 Liga Italia musim ini. Bianconeri melanjutkan tren tanpa kemenangan yang sudah berlangsung sebulan.

Bermain di Allianz Stadium, Minggu (12/5/2024), Juventus tertinggal lebih dulu lewat sundulan Niccolo Pierozzi di menit ke-27. Adrien Rabiot menyelamatkan tuan rumah dari kekalahan via golnya di injury time babak kedua.

Ini menjadi hasil imbang kelima secara beruntun bagi Juventus di Serie A, membuat mereka turun ke posisi empat dengan 67 poin, kalah selisih gol dari Bologna yang punya poin sama di urutan ketiga. Salernitana duduk di posisi juru kunci dengan 16 poin dan sudah pasti terdegradasi ke Serie B musim depan.

Jalannya pertandingan

Salernitana tampil menekan sejak awal. Tembakan jarak jauh Chukwubuikem Ikwuemesi di menit pertama masih belum tepat sasaran, namun percobaan serupa dari Niccolo Pierozzi di menit ke-6 membuat kiper Juve, Wojciech Szczesny bekerja mengamankan gawangnya.

Juventus balas menyerang pada menit ke-8, tetapi tendangan Dusan Vlahovic dari luar kotak penalti berhasil diselamatkan kiper Salernitana, Vincenzo Fiorillo. Semenit berselang, tembakan jarak jauh Filip Kostic melenceng ke sisi kanan.

Salernitana mengejutkan publik tuan rumah dengan mencetak gol di menit ke-27. Pierozzi menuntaskan sepak pojok Junior Sambia dengan sundulan yang sukses membobol gawang Szczesny. Skor 1-0 untuk tim tamu.

Sambia nyaris menambah keunggulan Salernitana pada menit ke-32, namun tembakannya dihalau Szczesny. Serangan balik yang berujung tembakan mendatar Ikwuemesi juga empat menit berselang juga digagalkan kiper Polandia tersebut.

Juventus nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-43, tetapi tembakan jarak jauh Andrea Cambiaso membentur tiang gawang.

Pada babak kedua, Juventus menambah daya gedor dengan memasukkan Samuel Iling-Junior, Fabio Miretti, Federico Chiesa, Arkadiusz Milik, hingga Kenan Yildiz. Namun gol tetap sulit diraih.

Samuel Iling-Junior mendapat peluang di menit ke-46, namun tembakan jarak jauhnya diamankan Fiorillo. Usai berulang kali gagal, shot on goal berikutnya baru hadir menit ke-80. Milik menyambut crossing Yildiz, namun sundulannya juga ditepis Fiorillo.

Tembakan jarak jauh Chiesa tak lama berselang juga bisa diantisipasi Fiorillo, demikian halnya dengan percobaan serupa dari Yildiz pada menit ke-82. Pada menit ke-88, tembakan Miretti membentur tiang gawang.

Gol yang dinanti Juventus hadir pada menit 90+1. Sepak pojok Iling-Junior diteruskan Manuel Locatelli kepada Adrien Rabiot yang menceploskan bola ke gawang Salernitana dari sudut sempit. Skor 1-1 bertahan hingga usai.

Susunan pemain

Juventus: Szczesny, Gatti, Bremer, Rugani (Yildiz 77'), Cambiaso, McKennie (Miretti 46'), Locatelli, Rabiot, Kostic (Iling-Junior 46'), Vlahovic (Milik 77'), Kean (Chiesa 46').

Salernitana: Fiorillo, Pirola, Fazio, Pierozzi, Zanoli (Pasalidis 90'), Coulibaly, Basic, Sambia (Pellegrino 90'), Vignato (Legowski 65'), Tchaouna, Ikwuemesi (Kastanos 73').


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Juventus 1-1 Salernitana, Puasa Kemenangan Bianconeri Berlanjut"