Hagia Sophia

02 June 2024

Amankah Bila Konsumsi Kopi Tiap Hari? Ini Kata Pakar

Foto: Ilustrasi iStock

Banyak orang yang mungkin memiliki kebiasaan minum kopi setiap hari. Alasannya agar tubuh terasa lebih segar dan tidak mudah mengantuk. Namun, apakah boleh minum kopi setiap hari?

"Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang (biasanya 3 hingga 4 cangkir sehari) pada orang sehat tidak menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan, dan sebenarnya memberikan beberapa manfaat," kata pakar nutrisi global Elizabeth Shaw, MS, RDN, CPT, dikutip dari Eating Well.

Meski kopi memberikan banyak manfaat kesehatan, beberapa orang harus membatasi atau menghindarinya. Ini termasuk orang-orang dengan perut sensitif atau mereka yang rentan pada penyakit gastroesophageal reflux (GERD), karena kafein bisa merangsang produksi asam.

Ini juga berlaku pada ibu hamil, serta orang dengan gangguan tidur, kecemasan, atau kekurangan zat besi atau anemia defisiensi besi. Sebab, kopi dapat menghambat penyerapan zat besi.

Apakah minum kopi setiap hari bisa berdampak buruk?

Menurut Shaw, kopi tidak buruk untuk diminum setiap hari. Kecuali orang tersebut telah disarankan oleh dokter untuk membatasi konsumsi karena alasan medis tertentu.

"Mengonsumsi kopi sebenarnya telah terbukti memberikan dampak positif bagi kesehatan," beber Shaw.

Beberapa manfaat meminum kopi setiap hari, seperti:
  • Lebih banyak energi
  • Buang air besar lebih lancar
  • Meningkatkan suasana hati
  • Mengurangi risiko penyakit Alzheimer
  • Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
Jelas bahwa mengkonsumsi kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, ada beberapa risiko kesehatan yang bisa muncul karena kopi pada sebagian orang, yakni:
  • Kecemasan atau anxiety
  • Komplikasi kehamilan
  • Tekanan darah tinggi
  • Ketergantungan atau adiktif pada kopi

Berapa cangkir kopi yang masih aman dikonsumsi dalam sehari?

Pada orang dewasa yang sehat, 3 hingga 4 cangkir kopi atau 400 mg kafein per hari masih dianggap aman. Namun, toleransi individu dapat bervariasi, dan potensi dampak kesehatan dapat bergantung pada berbagai faktor seperti usia, kondisi kesehatan, dan gaya hidup.

Pilihan terbaik adalah minum kopi hitam tanpa tambahan gula atau susu. Jika tidak memungkinkan, bisa menambahkan 2 persen susu, krim, susu oat, atau alternatif bebas susu rendah gula lainnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bolehkah Minum Kopi Setiap Hari? Begini Kata Pakar"