Hagia Sophia

02 June 2024

Berbagai Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/seb_ra)

Air adalah zat penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Air memiliki beragam fungsi, mulai dari menghidrasi tubuh, hingga membantu ginjal membuang racun dan kotoran dari dalam tubuh.

Karena perannya yang sangat penting itu, kebutuhan cairan tubuh harus selalu terpenuhi dengan baik. Salah satu waktu yang paling baik untuk minum air putih adalah setelah bangun tidur di pagi hari.

Pasalnya, ada banyak manfaat minum air putih setelah bangun tidur. Misalnya, mencegah dehidrasi akibat tubuh tidak memperoleh cairan selama tidur semalaman.

Lalu, apa lagi manfaat minum air putih setelah bangun tidur? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. 'Mengaktifkan' Metabolisme Tubuh
Sejatinya, minum air di waktu kapanpun dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Namun, minum air putih saat perut kosong, misalnya setelah bangun tidur, dapat meningkatkan metabolisme sebesar 25-30 persen.

Metabolisme yang lebih cepat akan membuat tubuh merasa lebih baik dan berenergi.

2. Meningkatkan Suasana Hati
Minum air setelah bangun tidur juga dapat memengaruhi suasana hati.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2014 menemukan orang yang dengan mood yang buruk akan mengalami peningkatan suasana hati setelah minum air putih.

Sementara studi terpisah yang dilakukan pada 2019 juga menemukan dehidrasi dapat memicu perubahan suasana hati yang negatif.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan
Air memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi mengungkapkan mengonsumsi air sebelum makan dapat menekan nafsu makan, sehingga mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi.

Tak hanya itu, minum air setelah bangun tidur dapat merangsang metabolisme tubuh untuk lebih aktif. Semakin tinggi laju metabolisme tubuh, semakin banyak pula kalori yang dibakar.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Dikutip dari Medical News Today, kulit mengandung sekitar 30 persen air yang membantu kulit tetap kenyal, serta meningkatkan elastisitas dan ketahanannya. Karenanya, peningkatan asupan air dapat memberikan efek positif terhadap fisiologi kulit.

5. Meningkatkan Fokus dan Kesehatan Otak
Air juga memiliki manfaat besar terhadap kognitif dan kinerja otak. Dehidrasi atau kekurangan cairan kerap dikaitkan dengan sakit kepala dan kabut otak yang dapat mengganggu konsentrasi dan fungsi otak.

Mengonsumsi segelas air putih setelah bangun tidur dapat membantu meningkatkan konsentrasi jangka pendek, mempertahankan fokus, serta menunjang kinerja mental.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Terkuak Alasan Minum Segelas Air Putih Setelah Bangun Tidur Itu Penting"