Hagia Sophia

02 June 2024

Dokterpun Heran, Tulang Paha Pria 35 Tahun Ini Patah Karena Batuk

Ilustrasi pasien. (Foto: iStock)

Tulang paha dianggap sebagai tulang terkeras atau dalam tubuh manusia. Tapi siapa sangka seorang pria berusia 35 tahun namun seorang pria berusia 35 tahun di China diduga mematahkan tulangnya hanya karena batuk.

Para dokter di Rumah Sakit Rakyat Kedua Provinsi Fujian di China baru-baru ini melaporkan kasus mengejutkan dari seorang pria berusia 35 tahun yang dipanggil Ye yang patah tulang paha saat batuk. Menurut Dr Dong Zhong, direktur Departemen Ortopedi di rumah sakit tersebut, kejadian yang tidak biasa terjadi saat batuk, hal ini tidak biasa mengingat pria dalam rentang usia Ye biasanya menderita patah tulang paha akibat trauma serius, seperti kecelakaan mobil atau jatuh dari ketinggian yang cukup tinggi.

Diberitakan Oddity Central, Ye mengatakan kepada dokter bahwa dia merasakan sakit yang parah setelah batuk yang sangat kuat, tapi dia hanya menganggapnya sebagai kram. Baru setelah berjalan menjadi sulit karena rasa sakit, dia memutuskan untuk mencari pertolongan medis.

Hasil rontgen menunjukkan bahwa Ye mengalami patah tulang paha, namun ceritanya tentang batuk tidak masuk akal dan tidak ada tanda-tanda trauma fisik. Zhong dan timnya memutuskan untuk menyelidiki lebih lanjut, menanyakan pasien tentang kesehatan umum, kebiasaan makan, dan gaya hidup, namun juga melakukan tes kepadatan tulang yang memberikan hasil yang meresahkan.

Kepadatan tulang Ye mirip dengan pria berusia 80 tahun, dan hal ini tidak biasa, bahkan bagi pria modern yang tidak banyak bergerak.

Setelah tes memastikan bahwa Ye tidak menderita penyakit tulang apa pun, dokter menyimpulkan bahwa ia memiliki tulang yang sangat rapuh akibat kebiasaan minum minuman bersoda, pola makan yang buruk, dan kurang olahraga. Pria berusia 35 tahun itu mengatakan kepada dokter bahwa pada dasarnya dia mengganti air dengan minuman manis berkarbonasi, yang tampaknya menghalangi tubuhnya menyerap kalsium dengan baik, sehingga memengaruhi kepadatan tulangnya.

"Minuman berbahan dasar cola mengandung asam fosfat yang bergabung dengan kalsium dalam asupan makanan normal untuk membentuk kalsium fosfat setelah masuk ke dalam tubuh. Yang terakhir ini lebih sulit diasimilasi oleh tubuh manusia, sehingga sering meminum minuman tersebut dalam jangka waktu lama dapat berdampak buruk pada kepadatan tulang," kata Dr Dong Zhong.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Batuk Bikin Tulang Paha Pria 35 Tahun Patah, Dokter Terheran-heran"