Hagia Sophia

02 June 2024

Beberapa Minuman Jus yang Dipercaya Bisa Bikin Otak Cerdas

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Carlai

Mempertahankan daya ingat tajam merupakan hal penting untuk kesehatan otak. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi jus kaya nutrisi.

Beberapa jus yang terbuat dari buah dan sayuran memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan senyawa lain yang dapat membantu melawan stres oksidatif, peradangan, dan meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Otomatis, bisa membantu meningkatkan daya ingat.

Berikut adalah lima jus yang diketahui dapat membantu meningkatkan daya ingat dikutip dari Healthline:

1. Jus Buah Bit
Bit merah adalah sumber nitrat alami yang meningkatkan produksi nitrat oksida dalam tubuh untuk meningkatkan aliran darah. Peningkatan nitrat oksida dapat berpotensi meningkatkan fungsi otak, terutama dalam bahasa, pembelajaran, dan pengambilan keputusan. Dosis yang direkomendasikan adalah 1-2 sendok makan per hari.

2. Jus Jeruk
Jus jeruk kaya akan vitamin C dan dapat berfungsi melindungi otak. Sebuah tinjauan menemukan kadar vitamin C lebih tinggi dalam darah sangat berhubungan dengan memori dan bahasa yang lebih baik.

Namun, jus jeruk mengandung tinggi kalori dan gula, yang dapat menyebabkan obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Konsumsi jeruk utuh dapat menjadi salah satu alternatif yang lebih sehat, dengan lebih sedikit kalori dan gula serta lebih banyak serat.

3. Jus Sayuran Hijau
Sayuran seperti bayam, kale, dan collard greens mengandung kaya akan nutrisi baik untuk otak seperti folat dan lutein.

Tak perlu selalu dalam bentuk salad, cukup blender 2 ons sayuran hijau dengan beri, pisang, dan es untuk minuman bergizi yang juga kaya vitamin A dan C serta bermanfaat bagi otak.

4. Jus Blueberry
Blueberry kaya akan polifenol yang bermanfaat bagi otak, terutama karena kandungan antosianinnya yang memberi warna biru-ungu sekaligus memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi. Zat tersebut berfungsi dalam meningkatkan kesehatan otak.

5. Jus Delima
Delima mengandung ellagitannin, antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ellagitannin dapat melindungi otak dari Alzheimer dan Parkinson dengan mengurangi kerusakan oksidatif dan meningkatkan kelangsungan hidup sel otak.

Kandungan ellagitannin menghasilkan urolitin A di usus, yang dapat mengurangi peradangan dalam otak dan menunda onset penyakit kognitif.

Mengkonsumsi jus-jus di atas secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan mempertahankan daya ingat yang tajam sepanjang hari.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Jus yang Bikin Otak Cerdas dan Daya Ingat Tajam, Simpel Banget Bikinnya"