Hagia Sophia

03 February 2023

Ini Alasan Pluto Tidak Dianggap Sebagai Planet

Pluto bukan planet lagi, tapi planet kerdil. Foto: NASA

Kalau planet punya geng-gengan, Pluto yang tadinya diajak mendadak dikeluarkan. Sejak 2006, status Pluto sebagai planet sudah dihapus! Jadi, ada berapa planet di Tata Surya, jawabannya adalah delapan. Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Melansir PopSci, Kamis (2/2/2023) Persatuan Astronomi Internasional (IAU) pun telah mengubah status Pluto menjadi planet kerdil. Sebab ternyata, jika klasifikasi Pluto dianggap sebagai planet, maka IAU harus melabeli ratusan objek yang mereka temukan di kemudian hari. Akhirnya, IAU memilih mengeluarkan Pluto dari daftar planet di Tata Surya.

Untuk menjadi planet, diketahui ada tiga kriteria yang harus dipenuhi. Pertama, planet harus mengorbit Matahari, kedua, planet harus mendekati bentuk bulat, dan ketiga, orbitnya harus bersih dari objek lain.

Kriteria pertama, Pluto lulus karena ia memang mengorbit Matahari setiap 248 tahun Bumi. Kualifikasi kedua, masih aman. Yang ketiga, Pluto nampaknya gagal memenuhi syarat ini. Orbit dari delapan planet lain di Tata Surya bersih dari objek lain. Namun, Pluto berbeda. Jika melihat Tata Surya secara keseluruhan, ia terletak di antara asteroid dan planet. Singkatnya, ia tidak memiliki orbit bebas.

Ketimbang jadi planet terjauh di Tata Surya, Pluto pun ternyata lebih cocok masuk geng terdekat dari Sabuk Kuiper, sebuah cincin berbentuk donat yang mungkin terdiri dari satu triliun komet dan bola es yang mengorbit luar Neptunus. Setidaknya, ada 200 objek di sana yang cukup besar dan memenuhi planet kerdil.

Jadi, kalau ditanya berapa jumlah planet di Tata Surya, kamu jangan sampai salah sebut, ya. Pluto sekarang udah pindah geng.























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Jangan Sebut Pluto Planet Lagi, Ini Alasannya Biar Nggak Kudet"