Hagia Sophia

12 March 2023

COVID-19 Mulai Melandai, IDI: Tidak Ada Batasan dalam Beraktivitas di Bulan Ramadan

Mudik lebaran. (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Momen Ramadan dan Lebaran 2023 sudah sangat dekat. Menjelang momen tersebut, banyak orang tengah bersiap untuk melakukan perjalan jauh demi berkumpul bersama keluarga.

Namun, kini yang menjadi pertanyaan apakah masyarakat sudah bisa melakukan mudik dengan bebas? Terkait hal tersebut, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr dr Mohammad Adib Khumaidi, SpOT buka suara.

"Jadi aktivitas untuk Ramadan saya kira karena sudah tidak ada pembatasan, silahkan untuk melakukan ibadah dengan baik," ucap dr Adib ketika ditemui detikcom di Jakarta Pusat, Kamis (9/3/2023).

Adapun dr Adib memberikan pesan pada masyarakat yang akan mudik untuk terus menjaga kesehatan. Selain COVID-19, masih ada sederet ancaman penyakit lainnya yang bisa terjadi karena tingginya mobilitas saat mudik.

"Lebaran juga silahkan mudik. Lalu sekali lagi yang paling penting adalah menjaga kesehatan kita. Bukan hanya untuk COVID saja. Karena potensi permasalahan pasca mudik itu ternyata dari dulu sudah ada ya," jelas dr Adib.

"Penyakit-penyakit pasca mudik itu juga harus jadi perhatian bagi kita. Menjaga makanan pasca puasa, termasuk juga mengurangi kelelahan dan sebagainya itu adalah satu bagian dari upaya kita," sambungnya lagi.

Lebih lanjut, dr Adib mengimbau masyarakat untuk tetap terus waspada dari ancaman beragam penyakit yang ada. Ia meminta masyarakat untuk tetap menggunakan masker di transportasi umum jika sedang sakit dan berpotensi menulari orang lain.

"Bisa beraktivitas seperti biasanya tapi tidak mengurangi kalau kita harus tetap waspada dan (memahami) personal awareness kita," pungkasnya.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "COVID Melandai Jelang Lebaran, IDI: Silakan Mudik, tapi Jaga Kesehatan"