Hagia Sophia

12 March 2023

Kisah Perjalanan Diet Saykoji Hingga BB Bisa Turun 25 Kg

Transformasi berat badan Saykoji. Foto: Twitter @saykoji

Rapper kondang tanah air Ignatius Rosoinaya Penyami atau akrab disapa Igor Saykoji (39) kembali membagikan update perjalanan dietnya. Ia berhasil menurunkan berat badan dari 140 kg hingga kini menjadi 115 kg.

"Akhirnya terbaca: INDONESIA RAYA. 140 kg-130 kg-115 kg," ungkapnya melalui akun Twitter miliknya @saykoji, Jumat (10/3/2023). Dalam cuitan tersebut, Saykoji juga menyertakan gambar transformasi dirinya menggunakan baju yang sama dengan berat badan yang berbeda.

Kisah dietnya dimulai sejak 5 Oktober 2022. Ketika itu, Saykoji meminta bantuan dokter gizi untuk membimbingnya menerapkan pola makan yang sehat. Pertama datang ke dokter, bobot tubuhnya berada di angka 140 kg. Melalui kanal Instagram dan Twitter pribadi, ia kerap membagikan progres penurunan berat badannya.

Tak sembarangan diet, Saykoji rutin menjalani olahraga, istirahat yang cukup, dan memperbanyak asupan protein di bawah pengawasan dokter spesialis gizi, yakni dr Feni Nugraha, MARS,MGz, SpGK.

"4 bulan dipantau dokter gizi dan Latihan beban di rumah. Dari 140 kg ke 120 kg - perjalanan masih panjang," ujarnya dalam sebuah cuitan, Kamis (26/1).

Untuk jenis olahraga, Saykoji umumnya memilih kardio dan angkat beban. Keduanya direkomendasikan untuk mereka yang sedang menjalani program diet karena membakar lebih banyak kalori serta mempercepat massa otot.

Berkat niat dan perjuangannya, pelantun 'Online' ini berhasil menurunkan berat badan hingga 10 kg dalam waktu empat bulan. Kini, bobotnya sudah berada di angka 115 kg dari yang sebelumnya 130 kg pada bulan Januari 2023.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Saykoji Ungkap Perjalanan Diet, Berhasil Pangkas BB sampai 25 Kg!"