Hagia Sophia

16 May 2024

Gelar Juara Liga Inggris Man City Akan Ditentukan Pekan Ini

Foto: AP/Richard Sellers

Persaingan gelar Liga Inggris antara Manchester City dan Arsenal ditentukan di pekan terakhir. The Citizens punya catatan apik amankan juara di pekan terakhir.

Man City mampu kembali ke puncak klasemen. Hal itu terjadi usai The Citizens meraih kemenangan 2-0 di kandang Tottenham Hotspur, Tottenham Hotspur Stadium, Rabu (15/4/2024) dini hari WIB. Dua gol kemenangan tim tamu diborong oleh Erling Haaland.

The Citizens kini berada di urutan teratas dengan 88 poin unggul dua angka dari Meriam London yang meraih 86 poin. Kondisi ini membuat persaingan juara Liga Inggris bakal ditentukan di pekan terakhir.

Pada pekan terakhir, Man City bakal menjamu West Ham United. Sementara, Arsenal berjumpa Everton di kandang.

Man City wajib menang untuk mengamankan juara tanpa melihat hasil laga Arsenal. Jika imbang atau kalah, Man City tetap bisa juara asalkan Meriam London gagal meraih angka penuh atas Everton.

Man City bakal kehilangan gelar ketika imbang atau kalah melawan The Hammers dan Arsenal menang atas Everton. Pasalnya, Arsenal punya keunggulan selisih gol atas Man City.

Man City punya pengalaman yang sangat baik menghadapi persaingan juara di pekan terakhir Premier League. Manchester Biru sebelumnya empat kali mengamankan gelar dalam perebutan juara di pekan terakhir. Itu terjadi pada musim 2011/2012, 2013/2014, 2018/2019, dan 2021/2022.

2011/2012
Man City memastikan juara di pekan terakhir usai menang secara dramatis 3-2 atas Queen Park Rangers. Man City mengeloksi poin yang sama dengan Manchester United 89 poin. The Citizens juara berkat keunggulan selisih gol.

2013/2014
Man City juara setelah menang 2-0 di kandang West Ham United pada pekan terakhir. Mereka meraih gelar dengan mengumpulkan 86 poin unggul dua poin atas Liverpool di posisi kedua.

2018/2019
Man City kembali memenangi persaingan gelar hingga pekan terakhir dengan Liverpool. Man City jadi yang terbaik setelah menang 4-0 atas Southampton. Mereka finis dengan 98 poin hanya unggul satu angka dari The Reds.

2021/2022
Sekali lagi, rivalitas Man City dan Liverpool terjaga hingga pekan terakhir. Pasukan Pep Guardiola secara luar biasa menang 3-1 atas Aston Villa di pekan terakhir meski sempat tertinggal hingga menit ke-76. Hal ini membuat kemenangan 3-1 Liverpool atas Wolverhampton Wanderers percuma. Man City juara dengan 93 poin lagi-lagi hanya berjarak satu angka dari Si Merah.


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Man City Sudah Biasa Amankan Gelar di Pekan Terakhir"