Hagia Sophia

09 May 2024

Berbagai Manfaat Singkong untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kanker Usus

Ilustrasi singkong. (Foto: Getty Images/cgdeaw)

Selain nasi, singkong merupakan salah satu bahan makanan pokok yang banyak dikonsumsi penduduk Indonesia. Biasanya, singkong kerap diolah menjadi berbagai camilan, seperti gorengan, singkong rebus, getuk, dan lain sebagainya.

Tak hanya nikmat, singkong juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Dikutip dari Healthline, 100 gram singkong yang sudah dimasak dapat mengandung nutrisi-nutrisi berikut:
  • Kalori: 191
  • Protein: 1,5 gram
  • Lemak: 3 gram
  • Karbohidrat: 40 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 20 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin B6: 6 persen dari kebutuhan harian
  • Folat: 6 persen dari kebutuhan harian
Selain itu, singkong juga mengandung kalium, magnesium, tembaga, tiamin (vitamin B1), dan niasin (vitamin B3).

Lantas, apa saja manfaat mengonsumsi singkong untuk kesehatan? Dikutip dari berbagai sumber, berikut informasinya.

1. Menambah Energi
Karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi, singkong dapat membantu meningkatkan dan menjaga tingkat energi sepanjang hari. Tak hanya itu, singkong juga mengandung kalori tinggi yang bisa memberikan energi ekstra untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Menurunkan Risiko Sindrom Metabolik
Sindrom metabolik adalah sejumlah kondisi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Kondisi ini dapat ditandai dengan peningkatan kadar gula darah, kolesterol, lingkar pinggang, dan faktor lainnya.

Singkong kaya akan flavonoid dan serat yang dapat melindungi tubuh dari risiko sindrom metabolik dan komplikasi terkait. Karena itu, tepung singkong kerap direkomendasikan untuk orang yang rentan atau ingin mencegah sindrom metabolik.

3. Membantu Menjaga Kadar Gula Darah
Singkong termasuk makanan dengan indeks glikemik rendah. Indeks glikemik adalah indikator yang menunjukkan seberapa cepat makanan berkarbohidrat menyebabkan kenaikan gula darah. Semakin tinggi angkanya, maka semakin cepat pula makanan itu menyebabkan lonjakan gula darah.

Beberapa penelitian menemukan singkong dapat membantu mengatasi resistensi insulin dan mengontrol kadar gula dalam darah. Dengan kata lain, singkong dapat membantu mencegah diabetes serta menjaga kestabilan gula darah pada orang yang mengidap penyakit tersebut.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut
Singkong merupakan sumber vitamin C, nutrisi yang berperan penting dalam proses produksi dan penyerapan kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah zat yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit, menjaga kesehatan tulang dan kuku, serta mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

5. Meningkatkan Sistem Pencernaan
Kandungan serat pada singkong juga berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu mencegah atau meredakan gangguan pencernaan, seperti diare, sembelit, hingga sindrom iritasi usus besar (IBS).

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan berserat tinggi juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan
Selain menjaga kesehatan pencernaan, kandungan serat pada singkong juga dapat membantu menurunkan berat badan. Serat dapat memperlambat proses pencernaan makanan. Alhasil, makanan bertahan lebih lama di usus sehingga menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama.

Hal ini berkontribusi dalam menekan nafsu makan dan mencegah overeating. Kedua hal itulah yang kemudian membantu proses penurunan berat badan.

7. Mencegah Penyakit Kardiovaskular
Lagi-lagi, kandungan serat pada singkong menjadi alasan mengapa makanan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Serat dapat mengurangi penyerapan lemak di dalam sistem pencernaan. Hal ini membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat atau LDL yang diserap oleh tubuh, sehingga menurunkan risiko penyakit yang berkaitan dengan penumpukan lemak, seperti jantung dan stroke.

Selain itu, kandungan kalium dan magnesium pada singkong juga dapat mencegah tekanan darah tinggi dengan cara menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh. Kalium juga membantu mengendurkan pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Manfaat Singkong untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Cegah Kanker Usus"