Hagia Sophia

09 May 2024

Tips Olahraga untuk Penderita Asma

Ilustrasi asma. (Foto: Thinkstock)

Asma merupakan masalah kesehatan yang terjadi ketika saluran napas mengalami penyempitan. Kondisi ini dapat menyebabkan sesak napas sehingga dianggap dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika berpotensi kambuh.

Walaupun begitu nyatanya penyakit asma bukanlah sebuah halangan untuk pengidapnya berhenti beraktivitas dan berhenti berolahraga. Masih ada anggapan yang keliru di tengah masyarakat bahwa orang yang memiliki asma tidak boleh berolahraga sama sekali.

Ketua Pokja Asma Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Budhi Antariksa, PhD, SpP(K) menuturkan bahwa olahraga justru penting dilakukan oleh pengidap asma. Namun, memang tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan oleh pengidap asma, khususnya olahraga berat.

"Jadi kita kalau dia punya asma itu harus itu harus latihan pernapasan sebenarnya olahraga pernapasan itu sangat baik untuk pasien asma. Selain itu olahraga yang disarankan itu misalnya seperti berenang," kata dr Budhi dalam konferensi pers PDPI, Selasa (7/5/2024).

Menurut dr Budhi berenang bisa menjadi salah satu olahraga yang baik untuk pasien asma. Dengan berenang, pasien bisa melatih gerakan napas melalui ritme yang baik. Melatih pernapasan melalui berenang juga bermanfaat untuk memperkuat otot-otot dada. Beberapa olahraga lain yang disarankan antara lain seperti jogging dan bersepeda.

Dalam kesempatan yang sama, spesialis paru dr Putu Ayu Diah, SpP(K) menuturkan penting untuk masyarakat bisa mengenali batasan tubuh sendiri. Jika dirasa olahraga terlalu sulit dan sudah mulai membuat lelah, segeralah istirahat dan jangan lanjutkan olahraga tersebut.

"Kita sarankan untuk berolahraga berpatokan pada diri sendiri. Kalau sudah dirasa mulai sesak, mungkin bisa stop olahraganya," kata dr Putu.

"Yang warning itu seperti olahraga permainan atau pertandingan seperti sepak bola terus lari kencang. Ini mungkin harus dihindari kecuali pasien sudah benar-benar terkontrol oleh dokter atau bukan yang exercise-induced asthma (asma yang dipicu latihan fisik). Harus dicek itu," sambungnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ini Olahraga yang Boleh dan Dilarang Bagi Orang yang Punya Penyakit Asma"