Hagia Sophia

09 May 2024

Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Jaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat)

Setiap orang ingin bisa tampil awet muda. Banyak cara yang dilakukan untuk mewujudkannya, mulai dari mengonsumsi ramuan tradisional, hingga menjalani prosedur medis untuk mengembalikan keremajaan.

Namun, rahasia awet muda tidaklah sesulit yang dibayangkan. Bahkan, sejumlah kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari dapat membantu menjaga kesehatan dan keremajaan tubuh seiring pertambahan usia.

Lantas, apa saja kebiasaan yang bisa membantu awet muda tersebut? Dikutip dari berbagai sumber, berikut pembahasannya.

1. Sering Jalan Kaki
Jalan kaki adalah aktivitas yang sudah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, jalan kaki ternyata juga bisa membuat awet muda loh.

Dikutip dari Times, peneliti menemukan orang yang rutin berjalan cepat memiliki usia biologis 15 tahun lebih muda dibanding orang yang berjalan lambat atau jarang berjalan kaki.

Tak hanya itu, jalan kaki dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan menambah angka harapan hidup hingga 20 tahun.

2. Menghindari Makanan Olahan
Makanan olahan cenderung mengandung pewarna, pemanis, dan zat aditif yang berpotensi mempercepat proses penuaan. Bahkan, terlalu sering mengonsumsi makanan olahan dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, jantung, dan stroke.

Karenanya, usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang berasal dari alam dan kaya akan nutrisi.

3. Rutin Berolahraga
Tubuh yang sehat adalah salah satu kunci untuk tetap awet muda. Nah, salah satu cara menjaga kesehatan tubuh seiring pertambahan usia adalah dengan rutin berolahraga secara teratur.

Dikutip dari Eat This, latihan kekuatan dapat memperkuat tulang dan mengurangi hilangnya massa otot akibat penuaan. Dengan latihan kekuatan, seperti angkat beban, tubuh akan tampil lebih muda, sekaligus menjaga postur tubuh yang baik seiring bertambahnya usia.

Sementara itu, melakukan latihan aerobik dan keseimbangan dapat membantu mempertahankan fungsi tubuh dan membuat Anda merasa lebih muda.

4. Minum Air yang Cukup
Tetap terhidrasi dengan baik dapat membantu memperlambat penuaan biologis. Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh National Institute of Health (NIH), peneliti menemukan orang kurang minum mengalami peningkatan kadar natrium dalam tubuhnya. Ketika kadar natrium tersebut melebihi kisaran normal, maka dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan biologis.

Karenanya, penting untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Usahakan untuk setidaknya mengonsumsi 8 gelas air (atau sekitar 2 liter) per hari.

5. Banyak Tertawa
Meski terkesan sepele, tertawa memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Dikutip dari Very Well Mind, tertawa dan humor dapat membantu mengurangi hormon pemicu stres.

Stres dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan pada DNA sel tubuh. Hal ini dapat mempercepat proses penuaan biologis.

Dengan sering tertawa, pikiran kita akan teralihkan dari hal-hal yang memicu stres, dan secara tidak langsung membantu untuk tetap awet muda.

6. Tidur yang Cukup dan Berkualitas
Tidur yang teratur dan berkualitas dapat menangkal banyak dampak buruk penuaan. Peneliti dari Cambridge University menemukan kurang tidur dapat meningkatkan risiko peradangan, yang kemudian membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit seiring bertambahnya usia.

Studi terpisah juga menemukan kurang tidur satu malam dapat mempercepat penuaan secara biologis. Jadi jika ingin tetap awet muda, pastikan untuk tidur yang cukup setidaknya 7-8 jam setiap malam.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Bikin Awet Muda, Tetap Glowing di Umur 30-an"