Hagia Sophia

15 May 2024

Posisi Tidur yang Diyakini Bisa Membuat Awet Muda

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/rudi_suardi

Untuk mendapat kulit wajah yang awet muda, tidak hanya cukup dengan perawatan atau skincare saja. Ternyata, posisi tidur juga membuat seseorang terlihat lebih awet muda.

Sebab, tanpa sadar posisi tidur bisa mempengaruhi proses penuaan pada wajah. Jika menginginkan wajah yang awet muda, posisi tidur yang terbaik adalah posisi terlentang.

Dikutip dari laman Real Simple, posisi tidur terlentang tidak hanya terbukti sebagai cara terbaik menjaga kulit awet muda. Tetapi, itu juga menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menjaga tubuh pada sudut 20 sampai 30 derajat saat tidur bisa membuat cairan tubuh mengalir secara optimal. Hal itu mendukung proses sirkulasi yang baik di seluruh tubuh.

Tidur dengan posisi terlentang memungkinkan seluruh tubuh untuk rileks. Kondisi itu akan mendorong suasana kondusif untuk mengoptimalkan pertumbuhan sel baru dan mengganti sel-sel kulit mati di wajah.

Posisi tidur terlentang juga mampu memaksimalkan wajah terhindar dari gesekan bantal yang menyebabkan kerutan, dan mencegah kulit merasakan tekanan dari wajah ke bantal.

Namun, ada dua posisi tidur yang bisa merusak kondisi kulit wajah. Misalnya seperti tidur dengan posisi miring dan tengkurap.

1. Tidur dengan posisi miring
Tidur dengan posisi miring bisa menyebabkan kerutan di decolletage dan sisi wajah tempat bertumpu saat tidur. Ini terjadi karena gesekan antara kulit dengan bantal, sehingga membuat perubahan pada kulit wajah.

Meski nyaman tidur dengan posisi menyamping, terlebih dalam waktu yang lama, bisa mempercepat penuaan pada wajah. Maka dari itu, disarankan untuk mengurangi tidur dengan posisi menyamping.

2. Tidur tengkurap
Posisi tidur yang paling buruk untuk kulit wajah adalah posisi tengkurap. Ini akan membuat kulit wajah tertekan ke bantal selama berjam-jam.

Kondisi ini bisa menyebabkan pembengkakan berulang dan mempertegas garis kerutan di sekitar mata dan bibir. Jika sering tidur tengkurap, bisa mempercepat munculnya garis-garis halus dan kerutan wajah secara keseluruhan.

Tekanan wajah pada bantal juga menyebabkan lebih banyak bengkak di sekitar mata, karena kepala dan jantung ada di posisi ketinggian yang sama. Itu berarti lebih banyak darah akan mengalir ke wajah.

Ini bisa diperparah dengan sarung bantal membawa banyak bakteri dan kuman, yang bisa membuat kulit mudah berjerawat.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Posisi Tidur Ini Diyakini Bisa Bikin Awet Muda, Kok Bisa?"