Hagia Sophia

15 May 2024

Untuk Jaga Kesehatan Jantung, Wajib Konsumsi Buah Berikut Ini

Ilustrasi buah-buahan. (Foto: Getty Images/Hakase_)

Buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Buah-buahan mengandung banyak sekali vitamin dan antioksidan yang dibutuhkan untuk tubuh.

Tak banyak yang sadar, rupanya mengonsumsi buah secara rutin juga sangat disarankan untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, khususnya jantung.

"Buah-buahan memberikan manfaat kardiovaskular seperti penurunan tekanan darah tinggi dan pengurangan aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah," kata ahli jantung dari Florida, Amerika Serikat Dr Deepak Vivek dikutip dari NY Post, Senin (13/5/2024).

Karena masing-masing buah memiliki nilai gizi dan manfaat kesehatan yang berbeda, Deepak menuturkan ada beberapa buah yang secara khusus dapat meningkatkan kesehatan jantung. Apa saja ya?

1. Apel
Menurut Deepak, apel adalah salah satu buah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Apel merupakan sumber antioksidan, serat, vitamin C, dan potasium yang baik. Selain itu, apel juga rendah glisemik sehingga juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit diabetes tipe dua.

Mengonsumsi potongan apel sebagai camilan atau tambahan salad sangat disarankan. Deepak menuturkan apel juga bisa dijadikan salah satu camilan sebelum berolahraga.

"Saya merasa ini membantu memberi saya energi yang diperlukan untuk bermain dan juga mencegah kram otot," katanya.

2. Pisang
Selain itu, pisang juga menjadi buah 'favorit' dokter untuk menjaga kesehatan jantung. Ahli jantung Sushant Khaire dari Tennessee menuturkan pisang juga memiliki banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa kandungan gizi yang bisa ditemukan dalam pisang antara lain seperti serat makanan, vitamin C, vitamin B6, potasium, magnesium, dan antioksidan.

"Serat makanan membantu pencernaan, vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan vitamin B6 penting untuk perkembangan otak dan saraf," kata Khaire.

3. Ceri
Profesor kardiologi dari Zucker School of Medicine di Hofstra Northwell di Hempstead mengatakan buah yang tinggi serat seperti apel, pir, atau ceri bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

"Bisa dijadikan camilan sore karena dapat mengenyangkan dan membantu melindungi diri dari penyakit jantung. Serat telah terbukti menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, dua penanda risiko utama penyakit jantung," jelasnya.

Serat telah terbukti menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, dua faktor risiko utama dari penyakit jantung.

4. Beri
Satjit Bhusri, ahli jantung di Upper East Side Cardiology Manhattan, menceritakan bahwa kacang-kacangan tanpa garam dan buah kering adalah camilan favoritnya.

"Buah-buahan seperti blueberry, raspberry, acai berry, dan goji berry memiliki tingkat antioksidan tertinggi, yang bagus untuk melindungi jantung Anda," tandas Bhusri.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter 'Spill' 4 Buah yang Wajib Dikonsumsi untuk Jaga Kesehatan Jantung"