Hagia Sophia

30 May 2024

Beberapa Khasiat Kunyit Putih yang Jarang Diketahui

Kunyit putih. (Foto: Yercaud elango/wikimedia commons)

Kunyit putih atau Curcuma zedoaria adalah salah satu tanaman yang kerap digunakan sebagai bumbu dapur, khususnya di negara-negara di Asia. Di luar fungsinya sebagai penyedap masakan, kunyit putih juga memiliki beragam khasiat yang nggak kaleng-kaleng untuk kesehatan.

Bahkan, kunyit putih sudah menjadi bagian dari Ayurveda atau pengobatan tradisional sejak ratusan tahun lalu. Manfaat kunyit putih pun beragam, mulai dari menyehatkan pencernaan hingga mencerahkan kulit.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi kunyit putih setiap hari? Berikut ulasan lengkap yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Meredakan Peradangan
Kunyit putih memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan, terutama untuk kondisi seperti arthritis, asma, dan kondisi lainnya. Tak hanya itu, kunyit putih dapat membuang zat racun dan cairan berlebih pada persendian, mengurangi rasa tidak nyaman, serta bermanfaat bagi pengidap rematik dan radang sendi.

2. Mendukung Fungsi Pencernaan
Kunyit putih banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan sekaligus meningkatkan kesehatan usus. Kunyit putih dapat diolah menjadi ramuan atau minyak esensial untuk mengatasi kolik, penurunan nafsu makan, cacingan, sembelit, hingga perut kram.

Selain itu, kunyit putih juga dapat membantu mencegah maag akibat stres. Mengonsumsi kunyit putih secara rutin juga dapat meningkatkan sekresi enzim pencernaan, sehingga mendukung proses pencernaan makanan.

3. Mengatasi Alergi
Kunyit putih mengandung senyawa antioksidan bernama kurkumenol yang dapat berfungsi sebagai antialergen dengan cara mencegah produksi zat penyebab reaksi alergi.

Kurkumenol dan zat antioksidan lain yang ada pada kunyit putih juga dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh, menekan perkembangan radikal bebas, serta mencegah stres oksidatif yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh.

4. Menyehatkan Kulit, Rambut, dan Tunda Tanda Penuaan
Kunyit putih juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah kulit, seperti jerawat dan bintik hitam. Tak hanya itu, kunyit putih juga dapat menunda timbulnya tanda-tanda penuaan.

Di sisi lain, pasta kunyit putih juga sering dimanfaatkan sebagai ramuan untuk mempercepat penyembuhan luka di kulit. Kunyit putih juga dapat diramu menjadi obat alami untuk menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Berpotensi Mencegah Kanker
Seperti halnya kunyit biasa, kunyit putih juga mengandung kurkumin. Kurkumin merupakan senyawa antioksidan kuat yang diyakini memiliki potensi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Ekstrak kunyit putih juga terbukti bermanfaat dalam mencegah jenis kanker tertentu, seperti kanker payudara, ovarium, dan lambung.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Khasiat Kunyit Putih yang Jarang Diketahui, Termasuk Buang Racun dari Tubuh"