Hagia Sophia

30 May 2024

Hipertensi Ternyata Dapat Diredakan dengan Bawang Putih

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/graphixchon)

Masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang berbahaya. Beberapa di antaranya seperti penyakit jantung koroner, stroke, gagal jantung, hingga gagal ginjal.

Tak banyak yang tahu, rupanya masalah hipertensi dapat diredakan dengan bumbu dapur yang banyak digunakan oleh masyarakat. Bumbu dapur tersebut adalah bawang putih.

Ketua Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr Inggrid Tania menuturkan mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin dapat menjadi salah satu 'pertolongan pertama' pada masalah hipertensi ringan.

"Bawang putih kalau mau makan mentah itu juga boleh jadi misalnya kita makan sekali makan satu siung kita bisa makan 3 kali sehari," ujar dr Inggrid ketika ditemui di RSUD Tamansari Jakarta Barat, Senin (27/5/2024).

dr Inggrid mengatakan mengunyah bawang putih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dalam mulut. Untuk mengatasi masalah tersebut, bawang putih bisa dipotong hingga berbentuk cacahan halus.

"Setelah dicacah halus baru kita makan dan kalau bisa jangan terlalu lama dikunyah, jadi bisa langsung kita telan," sambung dr Inggrid.

Selain bawang putih, bawang hitam atau black garlic juga bisa menjadi pilihan untuk mengatasi masalah hipertensi ringan di tahap awal. Black garlic merupakan bawang putih yang sudah terfermentasi dan mengandung antioksidan yang tinggi.

Meski begitu, apabila masalah tekanan darah sudah terlalu tinggi, dr Inggrid tetap menyarankan masyarakat untuk pergi ke dokter terpercaya. Hal ini untuk mencegah masalah hipertensi menjadi lebih parah dan berbahaya.

Selain itu, dr Inggrid juga mengingatkan betapa pentingnya menjaga gaya hidup sehat dan pola makan yang lebih baik. Pola hidup yang sehat menjadi langkah terbaik untuk mencegah tekanan darah tinggi dan risiko penyakit lainnya.

"Pola makan itu sudah pasti. Karena kalau darah tinggi itu dia berarti nggak boleh berlebihan makan garam. Misalnya snack ringan, keripik itu kan banyak sekali garamnya. Itu harus diperhitungkan juga. Olahraga juga penting buat darah tinggi," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bawang Putih Ternyata Bisa Jadi 'Obat Alami' Atasi Hipertensi, Begini Anjurannya"