Hagia Sophia

10 May 2024

Ini Kemungkinannya Bila Badan Gatal-gatal dan Bentol Tanpa Sebab

Ilustrasi bentol dan gatal tanpa sebab. Foto: Getty Images/iStockphoto/champja

Gatal-gatal bentol tanpa sebab merupakan masalah kulit yang kerap dialami sebagian besar orang. Bentol-bentol sendiri ada 10 faktor penyebab, yang salah satunya bisa saja terjadi pada kamu.

Penyebab Badan Gatal-gatal dan Bentol

Mengutip dari laman Verywellhealth, Firstderm, American Academy of Dermatology, dan Self, berikut sejumlah faktor yang dapat mengakibatkan badan gatal-gatal dan bentol:

1. Gigitan Serangga
Rasa gatal dan bentol di badan paling sering disebabkan oleh gigitan serangga, terlebih jika kamu habis berkegiatan di luar rumah. Gatal akibat gigitan serangga biasanya akan hilang sendiri dan dapat diredakan dengan obat krim hydrocortison yang banyak dijual di pasaran.

2. Gigitan Kutu Kasur
Jika gatal dan bentol berlangsung lama, maka kemungkinan penyebabnya adalah karena gigitan kutu Kasur. Kutu kasur merupakan serangga kecil yang kerap hinggap di Kasur atau sofa.

Untuk mengatasinya, bersihkanlah bagian yang gatal dengan sabun dan air lalu oleskan krim anti gatal. Pastikan juga untuk menjaga kebersihan tempat tidur dengan membersihkan seprai secara berkala.

3. Scabies
Selanjutnya, gatal-gatal dan bentol di badan bisa jadi gejala scabies atau kudis yang disebabkan oleh gigitan tungau Sarcoptes scabiei. Pada orang yang pertama kali terkena kudis, gejala gatal dan bentol biasanya akan hilang dalam Waktu 2-6 minggu.

Namun untuk orang yang sudah pernah terkena, scabies relatif hilang lebih cepat sekitar 1-4 hari. Kudis bisa diobati menggunakan obat khusus yang diresepkan dokter.

4. Alergi Makanan atau Obat-obatan
Badan gatal-gatal dan bentol kemungkinan merupakan reaksi alergi yang muncul akibat konsumsi makanan atau obat-obatan tertentu. Ruam merah gatal ini juga bisa jadi adalah biduran atau urtikaria. Gejala biduran dapat ditangani dengan antihistamin atau salep kortikosteroid dan akan hilang dalam Waktu 1-2 hari atau lebih.

5. Biang Keringat
Biang keringat (Miliaria) ditandai munculnya ruam kemerahan dan benjolan kecil yang disertai rasa gatal. Gejala ini ditimbulkan akibat tersumbatnya keringat dalam pori-pori kulit, terutama saat di lingkungan yang panas dan lembab. Jika gejala semakin parah, kondisi dapat diatasi dengan Calamine lotion atau obat steroid topikal dari dokter.

6. Alergi Matahari
Pada pengidap alergi matahari, gejala kemerahan dan benjolan gatal merupakan reaksi kulit mereka terhadap paparan sinar matahari. Dalam beberapa kasus, kondisi kulit sensitif terhadap sinar matahari ini diturunkan secara genetik. Namun, tak jarang juga disebabkan oleh faktor obat-obatan atau paparan senyawa tertentu.

7. Rosacea
Rosacea adalah penyakit kulit yang ditandai dengan timbulnya berbagai gejala, termasuk benjolan atau kemerahan yang membuat badan terasa gatal dan perih. Penyakit kulit ini dapat dipicu oleh beberapa faktor, seperti konsumsi makanan, alkohol, paparan sinar matahari, atau pengaruh bahan-bahan tertentu dari produk pengawet atau wewangian.

8. Eksim
Eksim atau eczema termasuk gangguan dermatitis atopik yang menyebabkan kulit menjadi merah, kering, dan terasa gatal. Gangguan kulit ini kemungkinan dapat kambuh karena beberapa pemicu, seperti stres, alergi debu, atau karena sabun dan deterjen berbahan keras.

Ketika terkena eksim, sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit dengan mengoleskan krim dan salep. Selain itu, eksim bisa diatasi dengan perawatan topikal atau terapi cahaya (fototerapi).

9. Psoriasis
Gangguan kulit lainnya yang bisa menyebabkan badan gatal dan merah-merah adalah penyakit psoriasis. Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang diakibatkan oleh penumpukan sel-sel kulit. Ada beberapa jenis psoriasis mulai dari yang ringan sampai parah.

Psoriasis ringan bisa diobati di rumah dengan menggunakan pelembab. Sementara untuk kasus psoriasis yang parah membutuhkan pengobatan medis seperti obat topikal, obat suntik, atau terapi cahaya.

10. Keratosis Pilaris
Keratosis pilaris (KP) adalah kondisi kulit yang umumnya juga ditandai dengan munculnya benjolan kecil dan bercak-bercak kasar dan kering. Keratosis pilaris bisa menimbulkan rasa gatal Ketika kondisi kulit sudah terlalu kering dan teriritasi.

Ketika mengalami kondisi ini, pastikan kamu sering memakai pelembab untuk mengurangi rasa gatal pada kulit. Kamu juga bisa mencoba menggunakan produk eksfoliasi kulit dengan kandungan urea atau asam laktat.

Cara Mengatasi Badan Gatal-gatal dan Bentol

Gejala badan gatal-gatal dan bentol ringan biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun, bagi kamu yang ingin mengatasi gatal-gatal dan bentol dengan cepat, berikut ada beberapa cara dari situs Cleveland Clinic yang bisa dicoba:

1. Pakai Pelembab
Memakai pelembab merupakan kunci utama untuk menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga terhindar dari gangguan kulit yang menyebabkan kulit kering, seperti eksim. Agar kelembaban terkunci dalam kulit, disarankan untuk mengaplikasikan pelembab setelah mandi dengan air hangat. Selain itu, utamakan memilih pelembab berbahan ceramide yang lebih bagus dalam menjaga kelembaban dan memulihkan skin barrier.

2. Gunakan Oatmeal Koloid
Oatmeal koloid telah digunakan selama berabad-abad sebagai alternatif dalam meredakan masalah kulit gatal dan iritasi. Pasalnya, oatmeal koloid mengandung vitamin dan protein yang mampu memberikan efek menenangkan pada kulit. Saat ini, bahan oatmeal koloid banyak ditemukan dalam produk lotion, moisturizer, atau produk perawatan kulit lainnya.

3. Kompres Dingin
Berikutnya, gejala eksim, kulit gatal dan kering bisa diredakan dengan mudah menggunakan kompres dingin. Cukup buat kompres dingin dengan membungkus es dalam handuk atau lap lembut, lalu kompreskan pada area kulit yang iritasi atau terasa gatal.

4. Obat Hidrokortison
Hidrokortison termasuk golongan kortikosteroid yang bersifat antiinflamasi, sehingga sering digunakan untuk mengobati masalah kulit seperti kemerahan, inflamasi, eksim, gatal-gatal, dan dermatitis.

Jenis obat ini bisa didapatkan di apotek dalam bentuk salep atau lotion dengan komposisi hidrokortison 1%. Untuk beberapa kondisi, biasanya memerlukan steroid dengan komposisi lebih besar yang diresepkan langsung oleh dokter.

5. Obat Antihistamin
Antihistamin merupakan jenis obat yang dikonsumsi untuk mengatasi reaksi alergi, eksim, biduran, gatal-gatal dan rhinitis. Obat dengan kandungan antihistamin ini dijual dengan berbagai merk dalam bentuk tablet.

Demikian pembahasan terkait penyebab badan gatal-gatal dan bentol serta solusi untuk mengatasinya. Sebagai catatan, penggunaan obat harus dengan resep dokter atau petunjuk pemakaian pada kemasan obat yang dijual bebas.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Badan Gatal-gatal Bentol Tanpa Sebab? Ini 10 Kemungkinannya"