Hagia Sophia

10 May 2024

Pakar: Hobi yang Bisa Bikin Anak Cerdas dan Berprestasi

Foto ilustrasi: Thinkstock

Semua orang tua ingin anaknya tumbuh cerdas dan sukses. Ternyata, kepintaran dan kesuksesan anak dapat dipengaruhi oleh hobi yang diminati sejak kecil.

Sebuah penelitian mengungkapkan ada dua hobi yang dapat mendukung kecerdasan anak lebih baik dibandingkan aktivitas lainnya. Kedua hobi tersebut adalah berolahraga dan membaca.

Dalam studi yang belum lama ini diterbitkan, para ilmuwan saraf dari University of Eastern Finland mengungkapkan anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu dengan membaca dan melakukan olahraga tim dapat mengembangkan keterampilan berpikir yang lebih baik, dibandingkan anak-anak yang fokus pada aktivitas lain, seperti bermain komputer tanpa pengawasan, video game, dan permainan lain yang tidak terstruktur.

Studi tersebut juga menemukan anak-anak yang aktif membaca dan berolahraga akan mengalami perkembangan yang lebih baik jika mendapat asupan makanan sehat.

"Peningkatan kualitas pola makan, olahraga, dan membaca dikaitkan dengan peningkatan kemampuan kognitif," tulis para peneliti, dikutip dari CNBC Internasional.

Para peneliti menemukan aktivitas fisik yang terstruktur, seperti berolahraga, dapat meningkatkan keterampilan otak anak. Temuan ini sejalan dengan penelitian serupa yang menganalisa kaitan antara peningkatan aktivitas fisik dengan fungsi otak, termasuk kemampuan belajar dan daya ingat.

Tak hanya itu, anak-anak yang sering berolahraga memiliki kecenderungan depresi yang lebih rendah serta rasa percaya diri yang tinggi. Di sisi lain, olahraga tim yang melibatkan interaksi sosial dapat mendorong peningkatan kesehatan mental anak.

Sementara itu, anak yang memiliki hobi membaca memiliki kreativitas, kesehatan mental, dan keterampilan berpikir yang lebih baik dibanding anak-anak dengan hobi lainnya.

Sebuah studi yang dilakukan Cincinnati Children's Hospital menemukan anak-anak yang sering membaca memiliki skor tes kognitif lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang menghabiskan waktu dengan bermain gadget atau komputer.

Kendati demikian, tidak semua video game berdampak buruk pada anak. Beberapa menawarkan manfaat bagi perkembangan anak-anak, seperti meningkatkan daya ingat, kesadaran spasial, hingga bahkan keterampilan sosial.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ilmuwan Saraf Ungkap 2 Hobi yang Bisa Bikin Anak Cerdas dan Berprestasi"