Hagia Sophia

10 May 2024

Minuman Herbal dari dr Zaidul Akbar yang Bisa Redakan Kolesterol dan Diabetes

Foto: Getty Images/iStockphoto/Dmitrii Ivanov

Apakah kamu tahu dr Zaidul Akbar? Ialah dokter sekaligus praktisi pengobatan sesuai sunnah terkemuka di Indonesia. Melalui kajian dan akun media sosialnya, dr Zaidul Akbar kerap membagikan resep minuman herbal untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan.

Minuman herbal yang dibagikan penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR) itu terbuat dari rimpang dan rempah yang tumbuh subur di Tanah Air, seperti jahe, sereh, kunyit, dan kayu manis. Dengan begitu bahan-bahan yang digunakan bisa mudah dicari.

Rempah dan rimpang sendiri telah terbukti secara ilmiah punya banyak manfaat bagi kesehatan. Contoh jahe dan kunyit memiliki sifat antiinflamasi yang bisa meredakan nyeri. Juga kayu manis yang punya aktivitas antioksidan kuat untuk bantu melawan peradangan, dilansir Healthline.

Dengan berbagai khasiatnya itu, resep minuman herbal ala dr Zaidul Akbar ini banyak diikuti sebagai cara alternatif mengatasi sejumlah masalah kesehatan dan menjaga kondisi tubuh.

Lantas, apa saja sih minuman herbal yang diresepkan dr Zaidul Akbar? Rimpang dan rempah apa yang digunakan?

Resep Minuman Herbal ala dr Zaidul Akbar untuk Atasi Berbagai Penyakit

dr Zaidul Akbar sebenarnya telah membagikan banyak sekali resep minuman herbal yang dapat diikuti. Berikut beberapa di antaranya, seperti dirangkum dari akun YouTube resminya dr Zaidul Akbar Official.

1. Air Rendaman Kunyit
Kunyit mengandung kurkumin punya antioksidan kuat. Senyawa ini dapat bantu melawan kerusakan oksidatif yang diyakini sebagai penyebab penuaan dini dan berbagai penyakit.

Rimpang ini dapat dibuat minuman herbal dengan cara merendamnya di dalam air selama beberapa jam seperti infused water. dr Zaidul Akbar mengatakan, racikan ini bisa bantu mengatasi gerd, kolesterol, asam urat, hingga mengurangi risiko kanker.

Untuk membuatnya, siapkan: 1 ruas kunyit dan air hangat segelas. Kupas kunyit dan potong-potong kecil. Masukkan ke dalam segelas air hangat dan biarkan kunyit terendam selama 6 jam. Setelahnya, air rendaman rimpang ini dapat diminum sehari sekali, baik sebelum atau sesudah makan.

2. Air Racikan Gamat
Gamat atau teripang termasuk makhluk laut yang berkhasiat bagi kesehatan. Hewan ini memiliki vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang bisa menjaga kesehatan jantung, organ hati, diabetes, hingga bantu mengembalikan asam lambung.

Gamat yang dapat dikonsumsi adalah yang sudah diolah menjadi bentuk jeli cairan. dr Zaidul Akbar merekomendasikan untuk konsumsi air racikan gamat ini sebanyak 2 kali sehari, pada pagi hari sebelum makan dan malam menjelang tidur.

Siapkan: air hangat segelas, gamat cair 1 sdt, garam himalaya sejumput, dan madu 1 sdm. Masukkan seluruh bahan ke gelas air hangat lalu aduk rata dan bisa langsung diminum.

3. Air Jahe Jeruk Nipis
Ketika musim batuk atau batuk melanda tiba-tiba, racikan jahe dan jeruk nipis bisa dicoba untuk bantu meredakannya. Jahe mengandung senyawa gingerol dan shogaol yang berkhasiat sebagai antibakteri, antivirus, antiinflamasi, dan antioksidan.

Dipadukan dengan jeruk nipis, jahe bisa meringankan batuk cukup efektif. Untuk membuat minuman ini, siapkan: 1 ruas jahe, sedikit air jeruk nipis, dan air segelas. Didihkan jahe dengan air segelas lalu tambahkan perasan jeruk nipis setelah agak hangat. Racikan ini dapat diminum pagi hari.

4. Air Cengkeh Jahe Kayu Manis
Merasa tidak nyaman dengan bau mulut sendiri? dr Zaidul Akbar membagikan resep minuman herbal untuk menghempaskan bau mulut sekaligus aroma badan tak sedap.

Siapkan: 300 ml air, 1 ruas jahe, 2 biji cengkeh, 1/2 batang kayu manis, dan madu (opsional). Pertama-tama, geprek jahe lalu masukkan ke dalam air bersama cengkeh dan kayu manis, lanjut rebus hingga mendidih. Setelahnya, bisa diminum setelah hangat.

5. Minuman Rimpang
Rimpang yang digunakan untuk minuman satu ini yaitu jahe, kunyit, lengkuas, dan serai. Lengkuas dan serai di antaranya bisa bantu mencegah infeksi dan mengurangi peradangan.

Untuk membuat minuman ini, siapkan: 2 ruas jahe, 1 ruas kunyit, 1 cm lengkuas, ½ batang serai, air panas segelas, sedikit air jeruk nipis, dan madu (opsional). Semua rimpang diparut lalu rendam di segelas air panas. Setelah agak dingin, tambahkan air jeruk nipis dan madu. Racikan minuman ini dapat diminum sebelum tidur.

6. Air Kayu Manis
Bagi yang kadar gula darahnya tinggi dan punya diabetes, resep air kayu manis ala dr Zaidul Akbar ini dapat dicoba. Kayu manis mengandung cinnamaldehyde. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan kuat yang terbukti menurunkan kolesterol dan efektif menurunkan kadar gula darah.

Air kayu manis dapat dibuat dengan cukup merendam 2 batang kayu manis ke dalam 600 ml air panas. Rendam sampai warna airnya berubah dan agak dingin, lalu bisa diminum rutin sehari sekali.

7. Air Serai Jahe
Jahe lagi-lagi digunakan dalam racikan minuman satu ini. Kali ini rimpang itu dipadukan dengan serai. Kombinasi keduanya bisa meningkatkan kesehatan gigi dan mulut, menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan kolesterol, hingga mengurangi risiko kanker.

Cara buat air serai jahe juga cukup simpel. Siapkan 1 ruas jahe dan 1 batang serai, kemudian bisa dipotong-potong kecil atau diparut. Campurkan kedua herba ke dalam segelas air panas dan minum jika sudah agak dingin.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Minuman Herbal ala dr Zaidul Akbar untuk Redakan Kolesterol-Diabetes"