Hagia Sophia

10 May 2024

Liga Europa: Leverkusen Vs AS Roma Tuntas 2-2

Josip Stanisic (depan) merayakan gol Leverkusen. Foto: UEFA via Getty Images/Boris Streubel - UEFA

Bayer Leverkusen ditahan 2-2 oleh AS Roma di leg kedua semifinal Liga Europa musim ini. Namun tim asuhan Xabi Alonso tetap melangkah ke partai puncak usai unggul agregat 4-2.

Bermain di BayArena, Jumat (10/5/2024) dinihari WIB, Leverkusen yang tampil dominan justru kebobolan via penalti Leandro Paredes di menit ke-43. Gelandang 29 tahun itu lalu menggandakan skor pada menit ke-66, juga lewat titik putih.

Gol bunuh diri Gianluca Mancini pada menit ke-83 membuat skor menjadi 1-2 pada menit ke-83. Josip Stanisic lalu mencetak gol di injury time untuk memastikan skor menjadi 2-2 di akhir laga.

Kemenangan 2-0 di Roma pada leg pertama pekan lalu memastikan Leverkusen lolos ke final dengan agregat 4-2. Mereka akan berjumpa Atalanta di final pada 23 Mei mendatang.

Jalannya pertandingan

Roma sudah mengancam sejak menit ke-4, tetapi peluang emas lewat tembakan jarak dekat Romelu Lukaku sukses digagalkan kiper Leverkusen, Matej Kovar. Leverkusen balas menekan via tembakan jarak jauh Granit Xhaka di menit ke-9, namun bola melambung di atas gawang.

Exequiel Palacios juga melepaskan tembakan jarak jauh di menit ke-16, tetapi berhasil diblok kiper Roma, Mile Svilar. Upaya serupa dari Piero Hincapie tak lama berselang belum berhasil menemui sasaran.

Tembakan mendatar Lorenzo Pellegrini di menit ke-17 mampu diamankan Kovar. Leverkusen kemudian memperoleh lima peluang emas. Svilar menepis tembakan Adam Hlozek pada menit ke-25, lalu tendangan Palacios empat menit berselang.

Tembakan jarak jauh Jeremie Frimpong juga ditepis kiper Serbia tersebut pada menit ke-32. Nasib serupa juga dialami tendangan Amine Adli di menit ke-39 dan Hlozek tak lama berselang. Menit ke-43, Roma justru membuka keunggulan.

Pelanggaran Jonathan Tah terhadap Sardar Azmoun di kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih. Leandro Paredes maju sebagai penendang dan sukses membobol gawang Kovar.

Gelandang Argentina itu kemudian menyamakan kedudukan juga lewat tembakan penalti pada menit ke-66. Kali ini tembakan 12 pas diberikan akibat handball Hlozek. Skor 2-0 membuat laga kembali imbang 2-2 secara agregat, namun nasib baik masih menaungi tuan rumah.

Kesalahan Gianluca Mancini dalam menghadapi sepak pojok pada menit ke-83 berujung gol bunuh diri ke gawang sendiri. Skor 2-1 membuat Roma harus mencari gol ketiga karena mereka kembali tertinggal secara agregat, namun tim asuhan Daniele De Rossi justru kebobolan gol kedua.

Lewat serangan balik, tembakan Josip Stanisic ke sudut kiri gawang pada menit 90+7 memastikan diri Leverkusen selamat dari kekalahan dan memperpanjang rekor tak terkalahkan di musim ini menjadi 49 laga serta memastikan satu tempat di Dublin.


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Leverkusen Vs Roma Tuntas 2-2, Granit Xhaka cs ke Final Liga Europa!"