Hagia Sophia

20 May 2024

Liga Inggris: Sheffield Kalah dari Tottenham 0-3, Spurs Lolos Liga Europa

Foto: AFP/DARREN STAPLES

Tottenham Hotspur menang mudah atas tuan rumah Sheffield United dengan skor 3-0. Tottenham memastikan finis kelima sehingga lolos ke Liga Europa musim depan.

Laga Sheffield vs Tottenham digelar di Stadion Bramall Lane pada Minggu (19/5/2024) malam WIB. Dejan Kulusevski menjadi bintang kemenangan Spurs usai mencetak dua gol di masing-masing babak, sedangkan satu gol lain berasal dari Pedro Porro.

Tambahan tiga poin ini mengoleksi 66 poin, selisih dua poin dari Aston Villa di empat besar dan unggul tiga poin dari Chelsea di peringkat keenam. Son Heung-min dkk berhak berlaga di Liga Europa 2024/2025.

Sementara itu laga ini tidak berarti apapun bagi Sheffield. The Blades sudah dipastikan degradasi dan menutup Premier League musim ini di posisi terbawah setelah hanya meraih 16 poin saja.

Meski begitu, Sheffield toh bermain ngotot di awal permainan. Namun, justru Tottenham yang berhasil mencuri gol lebih dulu melalui Dejan Kulusevski di menit ke-14.

Micky Van de Ven memenangi bola di tengah lapangan, lalu menyisir sisi kiri lapangan. Bola diteruskan kepada James Maddison, yang dilanjutkan Son Heung-min dengan operan pendek. Kulusevski menyelesaikan dengan sepakan kaki kiri yang mengenai tiang jauh lalu masuk ke gawang.

Tottenham sangat dekat dengan gol keduanya. Di menit ke-29, Rodrigo Bentancur melepaskan tembakan mendatar yang mengenai tiang gawang Sheffield. Son menyongsong bola rebound dengan tendangan voli, yang diselamatkan Wesley Foderingham.

Gol kedua yang ditunggu-tunggu Tottenham akhirnya tercipta. Pedro Porro mengoyak gawang Sheffield untuk mengubah skor menjadi 2-0 sebelum laga genap sejam.

Berawal dari serangan dari sisi kiri kotak penalti, tembakan Maddison diblok. Van de Ven melakukan sontekan pada bola rebound tapi ditepis Foderingham. Brennan Johnson menguasai bola lalu menyodorkan pada Pedro Porro lalu diselesaikan dengan tembakan gledek.

Tottenham menamatkan perlawanan Sheffield di menit ke-65. Kulusevski mencetak gol keduanya di pertandingan ini sehingga Spurs kini unggul 3-0.

Son Heung-min memotori serangan dari sayap kiri lapangan. Umpan terobosannya diteruskan Maddison dengan crossing mendatar. Kulusevski dengan mudah menceploskan bola ke gawang Sheffield.

Susunan Pemain

Sheffield United: Foderingham, Robinson, Lowe (Holgate 69'), Ahmedhodzic, Trusty, Bogle, Osborn (Vinicius Souza 5'), Hamer, Arblaster (Brooks 62'), Brereton (Brewster 70'), Archer (Jebbison 62')

Tottenham Hotspur: Vicario, Romero, Dragusin, Pedro Porro (Dane Scarlett 76'), Van de Ven, Maddison (Skipp 88'), Bentancur (Emerson Royal 76'), Kulusevski, Sarr (Moore 66'), Johnson, Son Heung-min (Hojbjerg 88')


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Sheffield Vs Tottenham: Spurs Menang 3-0, Finis ke-5, Tembus Liga Europa"