Hagia Sophia

27 January 2023

Beberapa Tanda Bila Miliki Kolesterol Tinggi

Sederet gejala orang kena kolesterol tinggi (Foto: Getty Images/iStockphoto/tumsasedgars)

Kolesterol adalah lemak yang diproduksi tubuh secara alami. Kolesterol bisa berasal dari makanan hewani. Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), kolesterol berfungsi membantu tubuh memproduksi hormon seks, vitamin D, dan menjalankan fungsi saraf dan otak. Namun, kadar kolesterol yang terlalu tinggi justru meningkatkan risiko penyakit. Karenanya, penting mengetahui ciri-ciri orang kena kolesterol tinggi sebelum berakibat fatal.

Kadar kolesterol tinggi dipengaruhi beberapa faktor seperti berat badan, usia, dan konsumsi makanan tertentu. Tingginya kadar kolesterol menyebabkan komplikasi dari waktu ke waktu. Selain itu, kerusakan lain pada organ tubuh mungkin terjadi misalnya penumpukan plak pada arteri. Penumpukan ini menyebabkan komplikasi lebih lanjut berupa statis darah (aliran darah stagnan).

Ciri-ciri Orang Kena Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala yang parah. Namun, hal-hal yang ternyata sepele justru menjadi indikasi tingginya kadar kolesterol. Berikut penjelasannya.

1. Kesemutan
Kerap dianggap sepele karena bisa 'hilang' sendiri, kesemutan terjadi pada kaki, tangan, dan bagian tubuh lainnya. Kesemutan menandakan adanya aliran darah yang tidak lancar di dalam tubuh. Saraf tubuh tidak mendapat pasokan darah secara optimal yang mungkin disebabkan tingginya kadar kolesterol.

2. Mudah Mengantuk
Kolesterol tinggi dapat menghambat aliran darah dan oksigen. Hal ini menyebabkan pengidapnya merasa ngantuk bahkan hampir setiap saat.

3. Xanthoma
Xanthoma adalah endapan kolesterol yang berada di bawah jaringan kulit. Jika mengalami xanthoma, seseorang biasanya memiliki noda kuning muda di ujung kelopak mata atau muncul benjolan kecil padat di lipatan tubuh seperti tumit, siku, atau lutut.

4. Nyeri Dada
Nyeri dada terjadi karena tingginya kadar kolesterol menimbulkan endapan berbahaya pada dinding arteri (aterosklerosis). Akibatnya, endapan tersebut mengurangi aliran darah arteri dan menyebabkan keluhan nyeri pada dada.

5. Kram
Kram biasanya terjadi di bagian tubuh seperti tumit, telapak kaki, dan lainnya akibat kolesterol tinggi. Kram akibat kolesterol biasanya terjadi pada malam hari saat terbangun dari tidur.

6. Nyeri di Kaki
Selain nyeri dada, nyeri pada kaki bisa jadi merupakan gejala kolesterol tinggi. Kondisi ini terjadi akibat tersumbatnya aliran di arteri, sehingga aliran darah ke kaki pun menjadi terhambat.

7. Pegal pada Tengkuk atau Pundak
Pegal pada area tengkuk atau pundak bisa terjadi karena kurangnya suplai oksigen dan darah akibat penumpukan kolesterol. Segera atasi agar tidak berkelanjutan.

8. Warna Ungu pada Lidah
Ujung lidah yang berwarna ungu menjadi salah satu gejala kolesterol tinggi. Warna ungu ini juga dibarengi oleh bercak darah di ujung lidah. Bibir pun bisa berwarna kebiruan atau merah gelap. Tingginya kadar kolesterol menyebabkan aliran darah stagnan dan peningkatan tekanan pembuluh darah sehingga berpengaruh pada warna bibir dan lidah.

9. Telapak Kaki Terasa Dingin
Dikutip dari Times of India, kadar kolesterol tinggi membuat kaki terasa dingin sepanjang hari, bahkan ketika musim kemarau. Kondisi ini mungkin mengindikasi orang memiliki PAD, yaitu kondisi pembuluh darah yang menyempit sehingga mengurangi aliran darah ke kaki.

10. Perubahan Warna Kulit
Penurunan aliran darah akibat kolesterol tinggi menyebabkan kulit berubah warna. Itu disebabkan karena sel-sel tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen karena berkurangnya aliran darah. Perubahan warna kulit ini bisa terlihat pucat atau ungu kebiruan.

Itulah 10 ciri-ciri orang kena kolesterol tinggi. Jika kondisinya semakin buruk, seseorang mungkin mengalami gejala lebih parah seperti serangan jantung atau stroke. Gejala ini terjadi karena tingginya kadar kolesterol menyebabkan pembentukan plak pada arteri.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Gejala Orang Kena Kolesterol Tinggi, Kondisi yang Diam-diam Picu Komplikasi"