Hagia Sophia

27 January 2023

Pilih Beli Telur atau Beli Rokok?

Pesan Kemenkes soal asupan gizi untuk anak. (Foto ilustrasi: iStock)

Kemenkes menekankan pentingnya protein hewani bagi anak-anak. Hal ini disampaikan dr Maria Endang Sumiwi MPH, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam peringatan Hari Gizi Nasional 2023, Rabu (25/1/2023). dr Endang mengungkapkan anak harus mendapat gizi yang lengkap berupa karbohidrat, lemak, vitamin, dan terutama protein hewani. Protein tersebut mengandung asam amino esensial yang penting untuk pertumbuhan anak.

"Kita sudah lihat survei pola konsumsi gizi, yang kurang itu protein hewani. Jadi kenapa kita highlight hari ini protein hewani karena itu yang missing dari makanan anak-anak. Bukan berarti hanya makan protein hewani, tapi itu yang harus diutamakan," ujar dr Endang ketika ditemui detikcom di Jakarta Barat.

Namun, protein hewani seperti ikan dan sapi mungkin tergolong mahal bagi sebagian orang. Mereka yang berasal dari kelas menengah ke bawah sulit mendapat protein hewani. Untuk mengatasi hal tersebut, dr Endang berpendapat setiap orang harus melihat ulang prioritas kebutuhan dalam keluarga. Cek pengeluaran keluarga dan usahakan untuk memenuhi kebutuhan primer dengan membeli telur sebagai sumber protein hewani.

"Ada keluarga yang mampu beli rokok, tapi nggak beli protein hewani. Padahal telur itu murah. Satu hari satu telur aja udah bagus untuk pertumbuhan anak," tutur dr Endang.

dr Endang juga menekankan pentingnya kekuatan masyarakat dan pemerintah daerah menolong sesama yang masih kekurangan. Menurutnya, masyarakat Indonesia mudah berkontribusi, hanya saja perlu diarahkan untuk membantu menurunkan stunting bersama. Selain itu, pemenuhan protein hewani bisa didapat dengan bantuan pemerintah daerah yang menyediakan alokasi dana untuk pemberian nutrisi tambahan.

"Kementerian Kesehatan mengalokasikan dana untuk pemberian makanan tambahan kaya protein hewani untuk anak-anak gizi kurang dan ibu hamil KEK (Kurang Energi Kronis) di kabupaten-kabupaten fiskal, rendah, dan sedang," jelasnya.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pesan Kemenkes di Hari Gizi: Beli Rokok Saja Mampu, Telur Masa Nggak Mampu"