Hagia Sophia

27 January 2023

BRIN: Benda Bercahaya yang Melintas di Merapi adalah Satelit AS

Foto: Screenshot Twitter

Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang memastikan benda bercahaya yang melintas di atas Gunung Merapi dan terekam dalam video, adalah sebuah satelit.

Andi menjelaskan, satelit tersebut merupakan Falconsat-3 yakni salah satu satelit berukuran sedang yang diluncurkan oleh FalconSAT, program pengembangan satelit yang dilakukan USAFA atau Akademi Angkatan Udara Amerika Serikat. Satelit itu jatuh di dekat perairan Madagaskar.

"Update terbaru, Falconsat-3 dengan Nomor Katalog NORAD 30776U, sudah dinyatakan reentry atau memasuki atmosfer bumi pada 23 Januari 2023 pukul 18.23 UT (24 atau Januari 2023 pukul 01.23 WIB) di perairan Samudera Hindia dekat Madagaskar," kata Andi melalui pesan singkat, Kamis (26/1/2023).

Andi menjelaskan, Falconsat-3 semula dijadwalkan meluncur pada 8 Desember 2006 dari Pangkalan Udara Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat.

"Karena berbarengan dengan STS-116 (misi pesawat ulang alik ke Stasiun Antariksa Internasional/ISS), peluncurannya diundur hingga akhirnya diluncurkan pada 9 Maret 2007 pukul 03.10 UT (10.10 WIB) bersama dengan satelit MidSTAR-1," bebernya.

Ia menambahkan, satelit tersebut diluncurkan dengan menggunakan roket Atlas V untuk beberapa misi.

"Falconsat-3 diluncurkan menggunakan roket Atlas V, yang semula dioperasikan oleh Lockheed Martin Corp. (LMC), dan saat ini dioperasikan oleh United Launch Alliance (ULA), perusahaan patungan antara LMC dengan Boeing," jelas dia.

Sebelumnya, sebuah video memperlihatkan benda misterius yang melintas di atas Gunung Merapi di twitter. Rekaman video itu viral di media sosial twitter.

Dilihat detikJateng, video kejadian tersebut dibagikan akun Twitter @merapi_uncover. Berdasarkan keterangan pada video, peristiwa itu terjadi pada 24 Januari 2023 pukul 01.24.25 WIB.

Adapun lokasi pengambilan video tertulis di Kemirikebo. Dalam postingan tersebut disertakan akun Twitter @SarjioS3 sebagai pengunggah pertama video ini dan hanya tertulis 'Fenomena Merapi'.























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Objek Bercahaya Lintasi Merapi Adalah Satelit Amerika"