Hagia Sophia

27 January 2023

Ciri-ciri Penyakit Herpes yang Menular Mirip Cacar Air

Sederet tanda-tanda herpes, infeksi menular seksual yang mirip dengan cacar. (Foto ilustrasi: thinkstock)

Herpes merupakan penyakit menular yang menimbulkan benjolan-benjolan kecil atau luka di bagian tubuh manapun. Kemunculan tanda-tanda herpes bervariasi tergantung tingkat keparahannya.

Herpes disebabkan oleh infeksi Herpes Simplex Virus (HSV). Ada dua jenis utama HSV, yakni HSV 1 dan HSV 2. HSV 1 menyebabkan herpes mulut yang ditandai dengan luka melepuh di sekitar bibir, rongga mulut, atau wajah, sedangkan HSV 2 melibatkan luka yang muncul di alat kelamin, anus, dan paha bagian dalam. Luka tersebut juga bisa berkembang di dalam vagina.

Mirip dengan cacar air, penyebaran virus ini dilakukan melalui kontak antarkulit. Terlebih, herpes lebih mudah tertular jika seseorang melakukan hubungan seksual tanpa pengaman, baik melalui anal maupun oral.

Tanda-Tanda Herpes

Dikutip dari Mayo Clinic, kebanyakan orang yang terinfeksi HSV hanya memiliki gejala ringan atau bahkan tidak bergejala sama sekali. Tanda herpes mulai muncul sekitar 2-12 hari setelah terpapar virus.

Pada tahap awal, gejalanya serupa dengan flu, seperti demam, sakit kepala, pegal-pegal, dan pembengkakan getah bening di selangkangan. Seiring waktu, kondisinya kian diperparah jika tidak mendapatkan pengobatan efektif. Berikut perkiraan kondisi yang muncul:
  • Nyeri atau gatal di sekitar alat kelamin
  • Benjolan kecil atau lecet di sekitar area genital, anus, atau mulut
  • Tumbuh bisul. Rasa menyakitkan akan muncul saat pecah dan mengeluarkan cairan atau berdarah
  • Keropeng yang terbentuk saat bisul sembuh
  • Nyeri ketika buang air kecil
  • Keluar cairan putih abnormal dari alat kelamin.
Belum ada pengobatan untuk menyembuhkan herpes. Tindakan medis hanya berguna untuk menghilangkan bisul yang melepuh dan mengurangi tingkat keparahan gejala. Karena itu, tanda-tanda herpes wajib disadari sejak dini sebagai pendeteksian dini.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Tanda-Tanda Herpes, Infeksi Menular Seksual yang Mirip dengan Cacar"