Hagia Sophia

27 January 2023

Desa Ini Hanya Dihuni oleh Sepasang Suami Istri

Desa La Estrella ditinggalkan warganya dan kini hanya dihuni sepasang lansia. Foto: Jungles in Paris

Jepang yang tengah mengalami krisis populasi, berusaha bertahan di tengah makin sepinya desa-desa. Di Spanyol, ada contoh nyata yang sudah mengalami hal ini. Sebuah desa hanya dihuni oleh sepasang lansia.

Di 2018, Daily Mail menulis tentang keberadaan sepasang suami istri bernama Juan Martin dan Sinforosa Colomer yang saat itu berusia 79 dan 82 tahun, tinggal di sebuah desa bernama La Estrella. Sudah lebih dari 45 tahun desa itu hanya dihuni oleh keduanya.

Tempat itu, seperti pedesaan lainnya, pernah memiliki wali kota, polisi, pendeta, guru profesional, para pekerja di berbagai bidang, dan warga biasa yang menghuninya.

Setelah terjadi bencana alam yang menewaskan banyak warganya, desa ini tidak pernah kembali semarak seperti semula. Hilangnya populasi desa ini makin diperparah, oleh pergerakan warga dari desa ke kota di tengah Perang Saudara, dan demografi modern.

Hanya tinggal berdua, Martin dan Sinforosa menggarap tanah dan merawat puluhan kucing dan anjing di tempat yang pernah menjadi rumah bagi 200 penduduk.

Mereka memelihara kelinci dan ayam untuk daging dan telur, dan pergi ke kota terdekat untuk membeli makanan lain yang mereka masak di atas kompor tradisional.

Mereka sempat hidup tanpa listrik dan bergantung pada lampu minyak serta cahaya Bulan selama 10 tahun, hingga akhirnya memiliki panel surya untuk menyediakan listrik. La Estrella pun tak memiliki saluran telepon. Hanya ada sinyal seluler, itu pun berlokasi di kuburan.

Kisah mereka dibuat film dokumenter pendek yang merinci kehidupan sederhana namun sulit yang dijalani pasangan lansia itu di kota terpencil.

Kepada si pembuat film, Martin bercerita bahwa bertahun-tahun lalu ia berniat pergi seperti warga lainnya. Tetapi istrinya tumbuh di kota ini, dan di sini pula mereka memiliki seorang putri yang meninggal secara tragis pada usia delapan tahun.

"Istri saya lahir di tempat ini, dia selalu tinggal di sini. Dia tidak ingin pergi. Jika mengikuti terserah saya, saya akan meninggalkan kota ini sejak lama. Tapi saya tidak bisa meninggalkannya sendirian di sini," ujarnya.

Martin dan Sinforosa punya anak lain yang harus bersekolah di luar kota karena guru lokal dan sekolah di desa itu harus tutup karena semakin berkurangnya peserta didik yang melanjutkan di sekolah lokal.

Tak ada warga setempat yang dulu tinggal di La Estrella kembali untuk sekadar mengenang masa lalu. Meskipun pasangan ini memiliki rumah di Villafranca, di kota terdekat, mereka hanya pergi kesana untuk mengunjungi anak mereka dan keluarganya.

Martin dan Sinforosa telah bertekad untuk tetap tinggal di sana. "Biarlah La Estrella mati bersama kami," kata Martin.






















Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Krisis Populasi, Desa Ini Hanya Dihuni Sepasang Suami Istri"