Hagia Sophia

25 February 2023

Dugaan Pemicu Berat Bayi di Bekasi Capai 27 Kg

Kenzie bocah obesitas di Bekasi. (Foto: Pradita Utama)

Bayi berusia 16 bulan di Bekasi viral gegara memiliki bobot tubuh 27 kg layaknya anak berusia 10-11 tahun. Setelah menjalani pemeriksaan di Puskemas dan rumah sakit tipe C, bayi bernama Muhammad Kenzie Alfaro itu menjalani pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit tipe B RS Hermina Bekasi.

Menurut Kepala Puskesmas Setia Mulya yakni tempat Kenzie menjalani pemeriksaan pertama kali, Siti Jubaidah, hingga kini belum ada penyebab pasti di balik kondisi obesitas Kenzie. Sejauh ini, para dokter baru bisa mendiagnosis kondisi obesitas diidap oleh anak tersebut.

"Seperti disampaikan oleh dokter spesialis penyakit anak konsultannya dan profesor tadi memang bekerja di sini juga di RSCM, bukan karena nutrisi saja. Bisa karena penyakit penyertanya," ungkap Jubaidah saat ditemui detikcom di RS Hermina Bekasi, Bekasi Barat, Jumat (24/2/2023).

"Tapi kan langkah awalnya harus diperiksa dulu dengan pemeriksaan baru bisa mendiagnosa sesuatunya," imbuhnya.

Dari pemeriksaan hari ini, Kenzie dirujuk untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Namun hingga kini, belum ada informasi perihal tindakan yang akan dijalani karena penyebab obesitas Kenzie pun belum diketahui secara pasti.

"(Tindakannya) belum diketahui. Karena itu kan harus ada tim yang menangani macam-macamnya. Karena selain obesitas mungkin ada penyakit penyerta. Tapi tidak bisa memastikan sakit apa karena belum ada," jelas Jubaidah.

Ada Kemungkinan Bukan karena Kebanyakan Makan

Dalam kesempatan sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi, dr Alamsyah, menyampaikan hal senada. Disinggungnya, Kenzie masih berusia 16 bukan sehingga belum bisa makan layaknya orang dewasa. Dengan begitu, ada kemungkinan kondisi obesitas Kenzie dipicu oleh banyak faktor.

"Nggak ada itu sih (faktor lingkungan). Justru orang tuanya ini justru kecil kalau yang kasus Kenzie ini, nggak gede. Saya belum bisa memastikan apa karena kan multifaktor. Harus pasti hormonnya harus diperiksa dan sebagainya," ujar dr Alamsyah saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (22/2).

"Tapi kalau terkait dengan pola makan kayaknya justru itu kan dia belum makan apa-apa selain susu si Kenzie ini. Kan baru umur satu tahun 4 bulan 27 kilogram," pungkas dr Alamsyah.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Bicara Dugaan Pemicu Bobot Bayi Obesitas di Bekasi Capai 27 Kg"