Hagia Sophia

25 February 2023

Jepang Ubah Batas Usia Legal Hubungan Seks, Ini Penjelasannya

Jepang menaikkan usia legal dari 13 menjadi 16 tahun. (Foto: David Mareuil/Getty Images)

Kementerian Hukum Jepang menaikkan usia legal negara tersebut dari semula 13 menjadi 16 tahun. Sebelumnya, usia legal Jepang ini menjadi salah satu yang terendah di dunia dan tidak berubah selama satu abad.

Hal ini kemudian memicu pertanyaan mengapa pemerintah Jepang baru mengubah usia legal saat ini. Alasannya, banyak desakan terkait maraknya predator seks atau angka kriminal pemerkosaan yang menyerang usia anak di bawah umur.

Apa itu usia legal?

Usia legal dianggap sebagai kriteria seseorang cukup mampu untuk menyetujui aktivitas seksual. Tujuannya adalah untuk melindungi remaja dan dewasa muda dari pelecehan seksual dan konsekuensi melakukan hubungan seksual dini terhadap hak dan perkembangan mereka, sesuai dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Jika orang dewasa terlibat dalam jenis aktivitas seksual apapun dengan seseorang di bawah usia persetujuan yang ditentukan oleh negara, mereka tandanya melakukan kejahatan. Selanjutnya, ketika hubungan seksual disetujui oleh kedua belah pihak, hal itu akan dianggap perkosaan menurut undang-undang, karena individu tersebut masih di bawah umur dan terlalu muda untuk menyetujuinya.

Apa hukum saat ini?

Saat ini, Jepang memiliki usia persetujuan terendah di negara-negara maju, karena anak-anak berusia 13 tahun dianggap cukup umur untuk memberikan persetujuan yang juga berarti aktivitas seksual dengan mereka tidak dianggap sebagai perkosaan menurut undang-undang. Namun, hubungan seksual dengan orang di bawah 13 tahun adalah ilegal terlepas dari persetujuannya, sementara hubungan seksual dengan orang berusia 13 hingga 15 tahun akan dihukum jika pelakunya berusia lima tahun atau lebih, sesuai hukum Jepang.

Dalam praktiknya, ada beberapa daerah di negara telah melarang tindakan 'cabul' dengan anak di bawah umur, kategori usia paling dekat dengan 18 tahun di Jepang. Namun, mereka tidak mendapat efek jera lantaran hanya diberikan hukuman ringan, jauh dari ketentuan hukum atas tuduhan pemerkosaan.

"Sementara juga menyebut hubungan seks dengan anak-anak sebagai tindakan tidak etis sebagai lawan dari kejahatan," kata Kazuna Kanajiri, seorang aktivis yang berjuang melawan pornografi dan eksploitasi seksual, kepada AFP.

Kepala kelompok PAPS yang berbasis di Tokyo juga mengatakan bahwa undang-undang saat ini memberikan ruang bagi pelaku untuk mengalihkan kesalahan kepada para korban, dan berargumen bahwa seks dinikmati oleh anak-anak.

Selain itu, karena usia persetujuan rendah, remaja yang selamat dari perkosaan sulit melaporkan kekerasan yang dialami. Menurut hukum pidana Jepang saat ini, korban harus memenuhi dua syarat, untuk melayangkan hukuman kepada pelaku.

Jenis kelamin harus non-konsensual dan penuntutan perlu dapat membuktikan pelaku perkosaan menggunakan kekerasan dan intimidasi serta tidak mungkin untuk melawan.

"Namun, para kritikus berpendapat bahwa kondisi ini secara efektif menyalahkan korban karena tidak cukup melawan dan mengatakan bahwa selama penyerangan, penyintas dapat membeku atau dalam beberapa kasus bahkan tunduk untuk menghindari cedera lebih lanjut," lapor AFP.

Awal bulan ini, panel Kementerian Hukum Jepang mengusulkan sejumlah reformasi termasuk menaikkan usia legal dari 13 menjadi 16, perombakan yang lebih luas dari undang-undang kejahatan seks Jepang. Salah satu ketentuan juga mengatakan bahwa remaja yang perbedaan usianya tidak lebih dari lima tahun akan dibebaskan dari tuntutan jika kedua pasangan berusia di atas 13 tahun.

Namun, tidak ada kejelasan apakah kata-kata dari proposal tersebut ditujukan untuk membius, membuat korban lengah dan secara psikologis mengendalikan mereka. Menurut seorang pejabat kementerian hukum, Yusuke Asanuma, klarifikasi tersebut tidak mempermudah atau mempersulit mengamankan hukuman pemerkosaan tetapi mereka berharap putusan dalam kasus seperti itu akan lebih konsisten, lapor AFP.

Mengapa Baru Sekarang?

Perombakan yang diusulkan muncul setelah kritik dan reaksi yang meningkat soal undang-undang saat ini dinilai tidak memadai untuk melindungi anak-anak dari perkosaan dan pelanggaran seksual lainnya. Khususnya, usia persetujuan di Jepang tidak berubah sejak 1907.

Pada saat itu, ribuan orang telah turun ke jalan di Jepang di berbagai kota dan mendesak reformasi undang-undang kejahatan seks di negara tersebut. Salah satu kasus termasuk seorang ayah yang dituduh berulang kali memperkosa putrinya yang berusia 19 tahun dibebaskan.

Menurut laporan, hal itu terjadi setelah pengadilan menyimpulkan bahwa persetubuhan itu dilakukan tanpa persetujuan, namun karena tidak ada bukti yang pasti bahwa sang putri tidak mampu melawan, maka pelakunya bebas dari tuntutan.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Mengapa Baru Sekarang Jepang Naikkan Usia Legal Hubungan Seks?"