Hagia Sophia

25 February 2023

Ruang Cafe Ini Ternyata Dijadikan Tempat Prostitusi Pelajar di Korsel

Ilustrasi (Foto: mihakonceptcorn)

Di daerah Sinchon, wilayah di dekat Universitas Yonsei Seoul, Korea Selatan, banyak spanduk dengan tulisan 'room cafe' dijajakan di jalan untuk menarik perhatian orang yang lewat.

Tapi kafe ini bukan hanya tempat untuk minum kopi atau nyemil-nyemil seperti biasanya.

Sebaliknya, mereka menawarkan layanan kamar yang ukurannya kurang dari 3 meter persegi. Diberitakan laman The Korean Herald, masing-masing kamar memiliki TB dan biasanya ada kamar mandi dengan shower dan tempat tidur. Banyak dari mereka secara terbuka melayani anak di bawah umur, yang sebenarnya dilarang menggunakan kamar motel dengan lawan jenis.

Tarif menginap di room cafe sekitar 10.000 won atau Rp 116 ribu per jam, harganya cukup terjangkau untuk remaja yang ingin bersembunyi dari pengawasan dan terlibat dalam minuman alkohol dan seks.

Room cafe biasanya terdaftar sebagai restoran, karenanya ada kesulitan untuk mendefinisikan dan mengatur regulasi di area itu.

"Begitu kamu masuk ke sana, kamu tidak pernah tahu apa yang terjadi di dalamnya," kata seorang siswa berusia 17 tahun yang mengunjungi room cafe dua kali untuk menonton TV dan meminum bir.

"Beberapa gadis mengatakan mereka lebih suka berkunjung ke sana jika mereka ingin berbagi keintiman dengan pacar mereka, secara bebas dan tanpa sadar."

Menurut sebuah kolom yang diterbitkan di Chosun Ilbo oleh seorang petugas polisi tahun lalu, polisi telah memperhatikan penyebutan room cafe untuk aktivitas seksual remaja di komunitas online.

Petugas bernama Seo Min-soo, menulis bahwa ketika dia bertanya kepada seorang siswa sekolah menengah bagaimana dia mendefinisikan room cafe, siswa itu mengatakan tempat tersebut sangat terjangkau untuk berkencan.

Menurut survei tahun 2020 oleh Kementerian Kesetaraan Gender dan Keluarga, 14 persen remaja mengatakan pernah mengunjungi room cafe.

Room cafe awalnya adalah tempat untuk remaja yang ingin belajar atau beraktivitas lain tanpa gangguan. Mereka disebut kafe multi-kamar karena ruangan di dalamnya dilengkapi dengan berbagai hal untuk dinikmati - konsol game, layar besar, dan mesin karaoke.

Seorang pejabat kementerian gender menekankan bahwa apapun sebutannya, fasilitas dengan ruang tertutup, kamar dan tempat tidur yang dapat dikunci, dengan kata lain, tempat saat remaja dapat berhubungan seks, telah dianggap sebagai fasilitas yang tidak pantas untuk remaja sejak 2011.

"Peraturan hukum telah ada sejak 2011, tetapi setiap kali timbul kontroversi, fasilitas tersebut mengubah nama mereka dan menggunakan metode yang bijaksana. Room cafe tidak mudah digerebek karena toko semacam itu terdaftar sebagai restoran umum, tidak seperti ruang multi-kamar dan DVD," kata Kim Sung-byuk, kepala kantor perlindungan pemuda di bawah kementerian gender.

Kim menambahkan bahwa fasilitas serupa pernah berkurang secara signifikan karena tindakan keras yang intensif, tetapi tampaknya muncul kembali baru-baru ini.

Di tengah meningkatnya kritik terhadap room cafe, beberapa pemilik mengeluh bahwa bisnis mereka tidak semuanya tentang hedonisme remaja.

"Kami memang memiliki banyak pelanggan remaja, tetapi kami dengan tegas melarang pelanggan minum di dalam, dan selalu menjaga kebersihan fasilitas kami." kata seorang pria pemilik kafe kamar berusia 40-an.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Heboh Fenomena Room Cafe di Korsel, Ternyata Jadi Ajang Prostitusi Pelajar"