Hagia Sophia

25 February 2023

Indonesia Sudah Bebas Masker di Dalam dan Luar Ruangan? Ini Kata Satgas

viral Indonesia disebut sudah bebas masker di segala aktivitas imbas PPKM dicabut, satgas bilang gini. (Foto: Grandyos Zafna)

Viral Indonesia disebut sudah bebas masker di dalam dan luar ruangan. Anggapan ini berawal dari pernyataan Presiden Joko Widodo yang membenarkan orang bermasker pasca Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut, dianggap agak sakit.

Hal ini lantas memicu pertanyaan apakah masker sebenarnya sudah bisa dilepas di dalam dan luar ruangan.

Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menekankan di masa PPKM dicabut, masyarakat diimbau untuk melakukan protokol kesehatan COVID-19 sesuai dengan kondisi masing-masing. Menurut Prof Wiku, kebijakan mencabut aturan masker di seluruh aktivitas masih dibahas bersama kementerian dan lembaga lainnya.

"Di masa transisi endemi pasca pencabutan PPKM, beberapa peraturan tentang COVID-19 akan disesuaikan sesuai dengan perkembangan keadaan," terang Prof Wiku saat dihubungi detikcom Jumat (24/2/2023).

"Sekarang masih dalam pembahasan," lanjut Prof Wiku.

Terpisah, ahli epidemiologi dari Universitas Griffith Australia menilai pemerintah seharusnya perlu berhati-hati dalam komunikasi, utamanya mitigasi risiko. Mengingat, COVID-19 masih menjadi ancaman lantaran terus bermutasi.

Meski kasus COVID-19 saat ini didominasi gejala ringan, potensi bahaya yang kemudian muncul adalah long COVID. Long COVID lebih berisiko terjadi pada mereka yang terkena infeksi berulang, meskipun tanpa gejala.

Diam-diam merusak otak hingga jantung secara berkepanjangan. Menurut Dicky, potensi ledakan atau tsunami Long COVID perlu diwaspadai.

"Jadi adanya pencabutan PPKM ini harus dibarengi dengan strategi komunikasi risiko yang baik, setidaknya memadai, ya ini yang masih PR di Indonesia, bahkan di dunia. Kalau itu tidak dilakukan, dampak infeksi berulang termasuk masa, dikaitkan dengan long COVID semakin serius, kerusakan organ paru tiga kali lebih meningkat, belum di otak, belum di jantung, ini yang membuat masyarakat kita sakit-sakitan," kata Dicky saat dihubungi detikcom Kamis (23/2).

"Kita keluar dari status pandemi keluar dari kedaruratan tapi menghadapi ancaman berikutnya yaitu tsunami Long COVID. Nah ini yang harus dicegah jangan sampai kita menyelesaikan masalah dengan melahirkan masalah baru," lanjut dia.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral RI Disebut Sudah Bebas Masker di Dalam-Luar Ruangan, Satgas Bilang Gini"