Hagia Sophia

25 February 2023

Tujuan Wisata Jacob's Well di AS Ditutup Sementara Karena Airnya Terus Mengering

Terus Mengering, Sumur Yakub yang Angker Ditutup. Foto: Screenshot KVUE ABC

Menjelang musim panas di Texas, Amerika Serikat, ada satu tujuan wisata alam yang biasanya ramai dikunjungi, yakni Jacob's Well atau Sumur Yakub. Sayangnya, tempat ini terus mengering dalam beberapa tahun terakhir sehingga masih ditutup.

Sumur Yakub adalah mata air alami yang terletak di sudut Hays County, Texas. Awal Februari, David Baker, pendiri dan direktur eksekutif Watershed Association di Wimberley, menjelaskan bahwa Sumur Yakub hampir tidak mengalir.

Halaman Facebook Jacob's Well menyatakan bahwa ketinggian dan kondisi air masih tidak aman untuk berenang, dan masih akan tetap ditutup untuk berenang hingga waktu yang tidak bisa diprediksi.

Dikutip dari KVUE ABC, Baker telah menjelaskan bahwa destinasi untuk berenang membutuhkan setidaknya 0,6 meter kubik untuk pulih dari kekeringan dan memungkinkan pengunjung untuk berenang lagi.

Postingan tersebut juga menyatakan bahwa tautan reservasi renang tidak akan dipublikasikan sampai petugas dapat memastikan bahwa perenang aman berenang di mata air tersebut.

Sumur Angker

Sumur Yakub pertama kali ditemukan pada tahun 1850-an. Saat itu, beberapa penduduk menelusuri sumber air dari Sungai Cypress hingga akhirnya menemukan sebuah tempat yang mereka deskripsikan seperti sumur di zaman yang tertera di Alkitab.

Meski populer sebagai destinasi wisata berenang, Sumur Yakub juga terkenal berbahaya dan angker. Itu karena setidaknya ada delapan penyelam yang tercatat telah meninggal di sini.

Fakta tersebut sebetulnya tidak mengherankan mengingat Sumur Yakub merupakan salah satu gua bawah tanah terdalam di Texas. Jika tidak mengalami kekeringan seperti sekarang, saat loncat dari atas permukaan Sumur Yakub, perenang dapat mencapai kedalaman awal 10 meter.

Apabila terus turun melalui serangkaian ruang-ruang bawah tanah yang cukup sempit, penyelam dapat mencapai dasar sumur di kedalaman 40 meter. Eksplorasi ke ruang-ruang itulah yang berbahaya, dan hal itu pula yang menewaskan kedelapan penyelam.

Saat musim semi, berenang di Sumur Yakub sangat aman. Di musim ini, sumur mengeluarkan banyak sekali air sehingga siapa saja yang mencoba menenggelamkan diri akan terdorong lagi ke atas permukaan.




















Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul "Terus Mengering, Sumur Yakub yang Angker Ditutup"