Hagia Sophia

25 February 2023

Update COVID-19: 25 Februari 2023 Kasus COVID-19 Bertambah 182 dan 3 Meninggal

istimewa

Indonesia mencatat 182 kasus baru COVID-19 hari ini, Sabtu (25/2/2023). Seiring itu terdapat kasus sembuh sebanyak 167 dan 3 pasien COVID-19 meninggal dunia.

Hingga hari ini, Indonesia mencatat total 6.735.451 kasus COVID-19 terkonfirmasi. Sedangkan kasus aktif COVID-19 kini ada sebanyak 3.583.

Kementerian Kesehatan RI melaporkan sudah ada sebanyak enam kasus COVID-19 dengan infeksi subvarian Omicron XBB.1.5 atau disebut varian Kraken di Indonesia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya sempat menyebut, varian ini merupakan yang paling menular dibandingkan varian-varian Corona lainnya.

"Walaupun beberapa negara ada kenaikan kasus subvarian baru Kraken ini, tapi Alhamdulillah sejak Desember kita ada 1 pasien kemudian Januari tambah 5 pasien jadi total saat ini ada 6 pasien," kata juru bicara Kemenkes RI dr Mohammad Syahril dalam konferensi pers terkait Update Perkembangan COVID-19 di Indonesia, Senin (20/2/2023).

"Jadi ada enam pasien. Yang tidak bergejala dua (pasien), yang bergejala ringan ada 4 orang. Domisilinya itu ada di banten dan satu di Kalimantan Timur, kemudian yang 4 ada di DKI Jakarta," imbuh Syahril.

Lebih lanjut Syahril menjelaskan, meski varian Kraken diketahui menular dengan amat cepat, gejala yang dialami pasien COVID-19 dengan infeksi Kraken di Indonesia relatif ringan, bahkan ada yang tidak bergejala sama sekali. Salah satu penyebabnya, yakni pasien tersebut sudah memiliki antibodi dari vaksinasi COVID-19.

"Secara alamiah virus itu harus hidup sehingga mereka bermutasi untuk selalu hidup. Memang beberapa pengalaman yang lalu, mutasi virus yang terakhir-terakhir ini walaupun penyebarannya lebih cepat tetapi efeknya atau gejala yang ditimbulkan itu semakin ringan. Semakin tidak berat seperti sebelumnya," jelasnya.

"Kita lihat dari Delta, kemudian Omicron BA1, BA2, BA 5 dan terakhir Kraken mudah-mudahan mereka semakin lama semakin lemah apalagi kita kita mempunyai suatu antibodi yang didapat secara alamiah maupun yang disuntikkan melalui vaksin," pungkas Syahril.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Update COVID-19 25 Februari: 182 Kasus Baru, Kasus Aktif Jadi 3.583"