Hagia Sophia

09 February 2024

Apakah Nyeri Lutut Saat Dingin Merupakan Gejala Asam Urat?

Ilustrasi nyeri lutut. (Foto: Thinkstock)

Sebagian orang mungkin pernah merasakan nyeri di area lutut, terlebih saat cuaca dingin seperti di musim hujan. Kondisi ini seringkali dikaitkan dengan penyakit asam urat atau gout.

Dokter spesialis penyakit dalam dr Franciscus Ari, SpPD, dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya mengungkapkan rasa nyeri di lutut bisa disebabkan berbagai hal.

"Sakit atau nyeri di area lutut dapat disebabkan oleh beberapa hal," tutur dr Franciscus pada detikcom, Rabu (7/2/2024).

"Penyebab yang tersering seperti osteoarthritis atau pengapuran, kerusakan struktur sendi akibat cedera sendi, penyakit rematik, hingga gout atau penyakit asam urat," jelas dia.

Menurut dr Franciscus, kadar asam urat yang tinggi di dalam darah memang bisa memicu peradangan sendi yang disebut sebagai gout. Gout merupakan peradangan sendi yang disebabkan penumpukan kristal asam urat di dalam sendi.

Gejala atau tanda dari penyakit asam urat ini bisa muncul di beberapa bagian tubuh. Mulai dari lutut hingga ibu jari kaki.

"Umumnya kondisi ini terjadi di sendi pangkal ibu jari kaki, pergelangan kaki, atau lutut. Ciri khas asam urat adalah nyeri (terutama saat sendi bergerak), bengkak, kemerahan, dan sendi yang terkena akan terasa lebih hangat dari suhu kulit sekitarnya," ungkap dr Franciscus.

Lalu, bagaimana mengatasinya?

dr Franciscus mengatakan terapi pengobatan penyakit asam urat bisa dengan obat anti-radang hingga nyeri dan bengkak sendi menghilang. Selain itu, kadar asam urat di dalam darah juga harus dikendalikan.

"Ini bisa dengan cara diet rendah purin dan bisa dibantu dengan mengkonsumsi obat penurun asam urat," tuturnya.

Terkait pengobatannya, dr Franciscus menyarankan agar mengkonsumsi obat penurun asam urat saat kondisi sendi sudah tidak dalam keadaan radang. Jika masih radang, disarankan untuk mengatasinya dengan obat anti-radang.

"Kondisi sakit pada area lutut yang dirasakan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk diperiksa, apakah benar akibat asam urat. Setelah diketahui kondisi pasti, maka dokter akan menentukan terapi pengobatan yang tepat," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Benarkah Nyeri Lutut saat Cuaca Dingin Gejala Asam Urat? Begini Kata Dokter"