Hagia Sophia

09 February 2024

Kanker Ini Paling Banyak Diidap oleh Pria

Simbol pita kanker (Foto: Getty Images/iStockphoto/Panuwat Dangsungnoen)

Kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan, bahkan menjadi penyumbang utama dalam peningkatan mortalitas di dunia. World Cancer Research Fund International memperkirakan ada 18,1 juta kasus kanker di seluruh dunia pada 2020. Dari total tersebut sekitar 9,3 juta kasus terjadi pada pria dan 8,8 juta pada wanita.

Penyakit ini pada dasarnya bisa dialami siapa saja, baik pria atau wanita, dari segala umur. Namun, jenis kanker yang sering dialami, bisa berbeda antara pria dan wanita. Perbedaan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti lingkungan, gaya hidup, atau kondisi tubuh.

Tak hanya itu, baru-baru ini penyakit kanker juga tengah disorot publik setelah Raja Charles III dikabarkan mengidap kanker. Akan tetapi, pihak istana belum memberikan informasi lebih lanjut terkait jenis kanker yang diidap Raja Inggris tersebut.

Lantas, kanker apa saja yang paling banyak diidap pria?

World Cancer Research Fund International menyatakan, kanker paru-paru merupakan jenis kanker paling umum diidap oleh pria di seluruh dunia, menyumbang 15,4 persen dari total jumlah kasus baru yang didiagnosis pada tahun 2020.

Kemudian disusul dengan kanker prostat sebesar 15 persen, serta kolorektal sebesar 11,4 persen. Berikut 10 jenis kanker terbesar yang banyak diidap pria di dunia.
  • Kanker paru: 1,43 juta kasus atau 15,4 persen
  • Kanker prostat: 1,4 juta kasus atau 15,1 persen
  • Kanker kolorektal: 1 juta kasus atau 11,4 persen
  • Kanker perut atau lambung: 700 ribu kasus atau sekitar 7,7 persen
  • Kanker hati: 632 ribu kasus atau sekitar 6,8 persen
  • Kanker kandung kemih: 440 ribu kasus atau sekitar 4,7 persen
  • Kanker kerongkongan: 418 ribu kasus atau sekitar 4,5 persen
  • Non-Hodgkin lymphoma: 304 ribu kasus atau sekitar 3,3 persen
  • Kanker ginjal: 271 ribu kasus atau sekitar 2,9 persen
  • Kanker darah: 269 ribu kasus atau sekitar 2,9 persen.
Sementara di Indonesia, jenis kanker yang paling banyak diidap pria adalah kanker paru-paru. Hal ini juga dibenarkan oleh Wakil Menteri Kesehatan Prof dr Dante Saksono Harbuwono.

Menurutnya, hingga saat ini sekitar 70 persen pengidap kanker di Indonesia datang ke rumah sakit ketika memasuki stadium akhir. Karenanya, penting untuk melakukan deteksi dini demi untuk menurunkan angka mortalitas kanker di Indonesia.

"Teman-teman sekalian, kasus kanker di Indonesia terus meningkat dan hal ini menyebabkan angka kematian juga meningkat. Jenis kanker terbanyak pada laki-laki adalah kanker paru-paru sedangkan pada perempuan adalah kanker payudara dan kanker rahim," ujarnya beberapa waktu lalu saat ditemui di Shangri La, Jakarta, Jumat (15/12/2023).


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Waspada, Ini Jenis Kanker yang Paling Banyak Diidap Pria"