Hagia Sophia

09 February 2024

Bagi yang Suka Ngupil, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

Dampak ngupil pada kesehatan (Foto: Getty Images/iStockphoto/lolostock)

Mengupil atau dikenal juga dengan istilah rhinotillexomania merupakan kebiasaan yang kerap kali dilakukan oleh semua orang. Namun siapa sangka, kebiasaan ini buruk ini ternyata berisiko meningkatkan peluang terkena penyakit demensia.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh ilmuwan Australia mengungkapkan bahwa patogen berbahaya, termasuk jamur, bakteri, dan virus, dapat masuk ke otak melalui hidung ketika seseorang mengupil. Hal ini kemudian dapat menyebabkan peradangan dan meningkatkan risiko demensia, seperti penyakit alzheimer.

Sebagai informasi, penyakit alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia yang merupakan penurunan bertahap dalam daya ingat, pemikiran, perilaku, dan keterampilan sosial seseorang.

"Peradangan saraf pada AD [penyakit Alzheimer] mungkin sebagian disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur patogen yang masuk ke otak melalui hidung dan sistem penciuman," demikian kata peneliti, dikutip dari Express.

Begitu peradangan dimulai, beta-amiloid atau protein yang abnormal dalam otak pengidap Alzheimer dapat diproduksi di otak sebagai mekanisme pertahanan. Protein ini dapat menumpuk dan mempengaruhi sel-sel otak yang sehat.

Karena hal tersebut, para ilmuwan mengatakan menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci dan menggunakan gel tangan adalah suatu keharusan, terutama jika mengupil.

Para peneliti dari Western Sydney University mengatakan di antara semua cara masuk, peningkatan kebersihan tangan mungkin merupakan langkah pencegahan yang mudah.

"Kami menyarankan prosedur higienis rutin ini menjadi prosedur rutin wajib bagi penderita penyakit mengupil yang tidak dapat disembuhkan." tambah penelitian tersebut.

Lebih dari 944.000 orang di Inggris hidup dengan penyakit Alzheimer, dan penyakit ini lebih umum terjadi pada mereka yang berusia di atas 65 tahun. Angka tersebut dapat meningkat menjadi lebih dari satu juta pada 2023.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Maaf, Studi Bawa Kabar Tak Enak soal Dampak Kesehatan Bagi yang Sering Ngupil"