Hagia Sophia

09 February 2024

Diet Asal Tiongkok Berhasil Turun 10 Kg dalam 5 Hari Viral di TikTok

Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur

Video asal Tiongkok membagikan tips diet yang berhasil turun 10 kg hanya dalam lima hari viral di TikTok. Dalam video itu dia membagikan makanan yang dikonsumsinya selama proses diet.

Video diet itu awalnya viral di Xiao Hong Shu, platform media sosial mirip Instagram di China. Dalam unggahan video, seorang wanita mengaku berat badannya berkurang hingga 10 kg dalam waktu kurang dari seminggu.

Dalam sehari orang yang melakukan diet itu hanya mengonsumsi satu jenis makanan dan nutrisi dalam sehari. Setiap harinya selama lima hari, pelaku diet menyantap satu jenis makanan yang berbeda-beda, entah itu protein, sayuran, buah atau cairan.

Dilansir wolipop dari Daily Vanity, berikut ini makanan yang dikonsumsi selama diet Tiongkok itu.

Hari 1: Telur

Foto: Getty Images/iStockphoto

Hari pertama diet Tiongkok adalah Hari Telur, yakni mengonsumsi makanan apapun dengan bahan utama telur. Disarankan makan dua hingga tiga telur rebus untuk sarapan, telur ceplok atau telur dadar saat makan siang dan sebutir telur kukus saat makan malam.

Hari 2: Air

Foto: Getty Images/andreswd

Hari kedua diet Tiongkok hanya diperbolehkan mengonsumsi cairan sepanjang hari, tanpa makanan padat. Minuman yang disarankan susu maksimal 1 liter, susu soya, yoghurt atau kopi.

Cairan yang dikonsumsi harus rendah atau tanpa gula. Hindari minuman tinggi kalori dan gula seperti bubble tea, milk shake, smoothies atau jus buah.

Hari 3: Daging

Foto: Getty Images/iStockphoto

Hari ketiga diisi oleh menu serba daging, ayam dan seafood. Bahan dengan protein tinggi ini harus dimasak dengan cara sehat misalnya direbus, panggang, kukus atau tumis. Hindari pengolahan yang menggunakan banyak minyak dan lemak trans. Target diet di hari ketiga adalah mengonsumsi minimal 600 gram protein sehari.

Hari 4: Buah

Foto: Getty Images/monticelllo

Buah-buahan jadi menu satu-satunya yang boleh dimakan di hari ke-4 diet Tiongkok. Buah yang disarankan adalah apel, jeruk, anggur, ceri, semangka, atau buah delima. Buah bisa dimakan kapanpun rasa lapar muncul.

Namun tidak semua buah boleh dikonsumsi. Buah dengan gula dan kalori tinggi seperti durian, mangga, leci dan longan sebaiknya dihindari.

Hari 5: Sayuran

Foto: Getty Images/iStockphoto

Hari terakhir diet Tiongkok adalah makan sayur seharian. Bagi sebagian orang, hari sayur mungkin terasa paling berat karena asupan nutrisi hanya berupa serat, vitamin dan mineral dengan sedikit karbohidrat.

Pada hari kelima ini, disarankan makan berbagai variasi sayuran mulai dari selada, brokoli, bayam, kangkung, wortel, jagung, jamur, sawi, dan sebagainya.

Tren Tiongkok ini juga diikuti sejumlah TikToker di Indonesia. Lima video tentang diet Tiongkok yang diunggah akun @unadrairham total sudah ditonton 1,3 juta kali. Dalam lima hari, berat badan TikToker dengan 3777 followers ini berkurang sekitar 1,6 kg, jauh lebih sedikit dari yang digembar-gemborkan hingga 10 kg.

TikToker lainnya, dengan akun @macsson yang memiliki 32 ribuan followers juga membagikan pengalamannya diet Tiongkok selama lima hari. Video unggahannya viral mencapai total 2,3 juta views. Mac mengaku setelah diet Tiongkok berat badannya turun 3,6 kg.

Perlu diingat bahwa diet Tiongkok belum terbukti secara ilmiah aman bagi tubuh dan efektif dalam penurunan berat badan sehat. Jika ingin mencobanya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke ahli gizi atau pakar diet.


























Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Diet Viral ala Tiongkok Klaim Turun 10 Kg 5 Hari, Ini yang Dikonsumsi"